8 Software WAJIB diInstal Setelah Komputer di Install Ulang Windowsnya

Melakukan install ulang pada komputer adalah jalan terakhir bila terjadi keadaan darurat pada komputer. Ini di lakukukan karena sistem operasi sendiri mengalami masalah berat atau terkadang ada file yang hilang.

Mengapa sebuah komputer ini perlu di install ulang?

Beragam hal mengapa ini perlu di lakukan. Dan yang pasti ini langkah terakhir di pilih.

  1. Komputer serung restart sendiri tanpa alasan jelas
  2. Komputer menjadi lambat sekali
  3. Komputer terserang virus
  4. Ganti sistem operasi (OS) baik upgrade atau downgrade

Bila sudah menginstall ulang pada komputer dengan sistem yang baru membuat semua yang ada sangat fresh. Dan umumnya kinerjanya baik kembali. Tetapi dengan menalukan ini maka program – program yang sebelumnya ada menjadi hilang karena ketika menginstall ulang semua aplikasi akan hilang. Sehingga setelah itu harus di kembalikan kembali program sebelumnya agar bisa bekerja kembali.

Untuk itu bagi anda atau tukang service komputer, harus bisa melakukan ini. Sebab kalau tidak ada aplikasi ini bisa jadi komputer anda tidak bisa di gunakan secara maksimal.

Ada beberapa program – program yang perlu di install kembali dan bisa di katakan memberi peranan penting sehingga perlu di pasang. . Apa saja itu ::

1. Driver

Menginstall driver adalah hal yang sangat penting sekali. Beberapa driver yang perlu di pasang adalah vga/grafis, sound, chipset dll.

Bila sudah di install drivernya maka cek semua apakah sudah terpadang denganbaik dan benar. Misalkan kalau sudah menginstall bagian sound kemudian cek apakah ada suaranya saat memutar suatu lagu menggunakan media player.

2. Anti virus.

Memasang anti virus ini sangat penting sekali. Ini akan melindungi komputer dari malware yang berbahaya. Dan pastikan dengan memasang updatean terbaru dari anti virusnya sendiri. Ini segera di pasang sebelum membuka drive d atau e. Sebab bila mana membuka drive selain C dan drive sendiri aa virusnya maka besar kemungkinan virus akan menyebar ke sistem dan ini akan berbahaya.

3. Microsoft office.

Microsoft office menjadi salah satu software yang wajib di miliki. Karena software ini akan bisa sekali membantu dalam pekerjaan anda seperti penulis, akuntan bahkan untuk anda yang masih sekolah pun memerluknnya.

Aplikasi ini memang tidak murah harganya di kisaran 1 jutaan. Bila belum punya uang maka bisa menggunakan open office. Ini secara fungsi sama dengan microsoft office hanya saja ini bisa di unduh secara gratis.

4. Winrar.

Software winrar merupakan sebuah perangkat lunak shareware pengarsipan dan kompresi yang dibuat oleh eugene roshal, Winrar termasuk salah satu software yang wajib terinstal pada sebuah komputer. Apalagi saat ini banyak orang yang share aplikasi atau lainnya ke internet yang sudah dimasukan ke dalam winrar, hal itu bertujuan agar aplikasi yang kita share aman dari malware.

Winrar jadi aplikasi yang sering di pasang pada komputer. Winrar sangat membantu sekali dalam mengkompress surtu file. Dan juga bila menggunakan ini virus tidak bisa merusak data yang ada di dalamnya. Ini perlu di pasang sebab sekarang banyak orang yang melakukan ini. Karena bila kita tidak memasang dan orang lain mengirim data dengan cara ini maka kita sendiri tidak bisa membukanya.                                                                                                     

5. Browser.

Perlu tidak sih memasang browser sekarang ini? Pada umumnya ketika kita menginstall suatu OS sudah ada bawaannya yakni intenet explore dan sekarang sudah berubah menjadi microsoft edge. Akan tetapi setelah mencoba ternyata kinerjanya kurang bagus dari segi kecepatan. Untuk itu perlu untuk menginstall browser lainnya yang di rasa punya kemampuan lebih baik.

Saat inisudah ada banyak jenis browser yang bisa diunduk secara gratis juga. Misalkan google chrome, operas, mozilla firefox. Pilihlah sesuai dengan kenyamanan anda sendiri.

6. Software multimedia

Software ini di gunakan untuk memutar suatu musik atau video. Microsoft sendiri sudah menyematkannya ketika kita sudah menginstall OS sendiri yakni windows media player. Tetapi ada juga yang kurang puas sehingga memilih aplikasi yang lain. Ada banyak sebenarnya aplikasi media player yang dapat di gunakan seperti GOM Player, VLC Media Player, Winamp, . K-lite codec pack, iTunes.

7. Software Maintenance

Ketika menginstall ulang suatu komputer tujuannya jelas sekali yakni untuk mengembalikan perform komputer sendiri menjadi lebih baik. Untuk itu guna menjaga kondisinya tetap prima maka ada baiknya di pasang sowtware tambahan. Beberapa aplikasi seperti : CCleaner, Auslogics Disk Defrag, Auslogics Duplikate file finder.

8. PDF Reader

Tidak jarangkan kita menerima suatu file bentuknya .pdf. Nah untuk membukanya diperlukan aplikasi pd reader. Untuk jenisnya ada adobe reader.

Bagi yang tinggal di jakarta dan membutuhan hal ini memilih service komputer jakarta menjadi pilihan terbaik. Pastinya mereka sudah paham sekali akan hal ini. Dan bila membutuhkan program apa bisa dikomunikasikan dengan baik. Bila ada aplikasinya maka harusnya bisa di bantu.