Ketahui Langkah-Langkah Jualan di Shopee dan Cara Menarik Konsumen

Ketahui Langkah-Langkah Jualan di Shopee dan Cara Menarik Konsumen – Shopee adalah marketplace paling populer di Indonesia. Meskipun tidak setua beberapa pesaingnya, tetapi popularitasnya sangat tinggi mengingat adanya fitur gratis ongkir. Selain itu, karena Shopee tidak hanya melayani masyarakat Indonesia, tetapi juga beroperasi di Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Filipina, membuat pengguna antar negara bisa dengan mudah berbagi produk. Hal ini sangat menarik bagi konsumen yang menginginkan tidak hanya produk dari Indonesia tapi juga luar negeri. Tidak heran jika persaingan di Shopee sangat tinggi, sehingga Anda harus berusaha keras untuk jualan di Shopee dan mendapatkan banyak pelanggan.

Langkah Untuk Memulai Berjualan di Shopee

Untuk berjualan di marketplace seperti Shopee sebenarnya mirip dengan berjualan di marketplace lainnya. Anda hanya perlu melakukan hal ini.

  1. Buatlah akun Shopee-mu

Anda bisa mulai membuat akun Shopee melalui website maupun aplikasi. Baik website maupun Shopee-app memiliki tampilan yang user friendly sehingga mudah digunakan oleh siapa pun. Anda hanya perlu menyiapkan alamat e-mail aktif dan nomor ponsel untuk aktivitasi.

 

  1. Mulai membuka toko

Apabila sudah memiliki akun, mulailah untuk membuka toko. Caranya, silakan isi profil toko Anda dengan lengkap. Mulai dari seperti apa toko Anda, ingin menggunakan jasa pengiriman apa, dan lain sebagainya. Isi saja semua form yang sudah tersedia untuk bisa memulai toko baru Anda.

 

  1. Unggah produk yang kamu jual

Sekarang Anda sudah memiliki toko untuk berjualan, tinggal memasang produk jualan Anda. Caranya dengan mengupload foto jualan beserta daftar harga, stok, maupun deskripsi. Jika foto lebih dari satu, pakailah fitur mass upload.

 

  1. Promosi dengan rutin

Untuk membuat produkmu sering terlihat, sering-seringlah mempromosikan produk tersebut. Anda bisa promosi sekitar 4 jam sekali. Gunakan waktu tersebut sebaik mungkin. Pasang alarm pada ponsel kalau perlu, supaya tidak lupa untuk selalu promosi.

Tips Berjualan di Shopee Supaya Mendapat Banyak Pelanggan

Supaya Anda dapat cepat bersaing dengan banyak toko di Shopee, coba lakukan hal ini.

  1. Upload banyak produk yang unik

Produk menjadi hal penting anda perhatikan. Saat ini adalah erra digital yang mudah di cari. Ada baiknya anda untuk upload produk yang unik dan tidak ada di tempat lain sehingga orang orang akan belanja di toko anda.

Apa bila anda tidak memiliki produk, anda bisa dropship. Anda coba saja ambil dari tokopedia dengan tools scraper atau aplikasi dropship tokopedia lalu anda upload ke toko anda. Semakin banyak produk yang anda upload maka akan semakin besar orderan datang di toko anda.

 

  1. Perbanyak follower tokomu

Untuk bisa melihat produk dari toko favorit, Shopee memiliki fitur followers bagi penggunanya. Sebagai pengguna baru, biasanya followersmu tidak banyak, bahkan sangat sulit untuk mendapatkan satu saja. Namun, Anda bisa mencoba untuk aktif dengan mengikuti beberapa orang yang sekiranya potensial sebagai konsumen. Biasanya, mereka yang Anda follow akan kepo dengan akun Anda dan melihat barang jualan. Jika mereka tertarik dengan display jualan Anda, mereka akan menjadi pelanggan Anda dengan cepat.

 

  1. Tambah produkmu secara berkala

Untuk menggaet konsumen lebih banyak, sebaiknya tidak menjual produk dengan jenis yang sedikit. Hal itu terkadang bisa menurunkan minat calon pelanggan untuk membeli di toko Anda, karena menanggap Anda kurang terpercaya. Sebaiknya, cobalah untuk menambah produk sedikit demi sedikit. Selalu menyetok barang juga akan membuat konsumen selalu datang pada Anda karena produk yang mereka inginkan selalu tersedia. Namun, jangan lupa untuk berjualan produk sejenis saja. Mencampur jenis jualan malah membuat pelanggan pusing. Misalnya, jika berjualan makanan instan jangan dicampur dengan jualan barang elektronik.

 

  1. Cobalah mengikuti program khusus Shopee

Shopee memiliki banyak program khusus seperti fitur promosi gratis 4 jam sekali, program flash sale, atau program promo pada tanggal-tanggal tertentu. Hanya saja, memang selalu ada ketentuan dan syarat khusus untuk mengikuti produk seperti itu. Jika Anda memenuhi syaratnya, cobalah selalu ikut. Dampaknya bisanya cukup besar terhadap kuantitas pelanggan Anda.

Jualan di Shopee sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Cukup jalani sabar dan telaten. Jangan lupa untuk share jualan Anda di sosial media supaya mereka berkunjung ke toko Shopee Anda.