Pulau Wayag Surganya Para Penyelam

Pulau Wayag merupakan salah satu tempat wisata yang ada di bagian sebelah barat Kepulauan Raja Ampat. Pulau Wayag berada di distrik Waigeo Baratbdan merupakan ikon utamanya wisata Raja Ampat. Pulai ini menjadi surganya para penyelam karena merupakan tempat snorkeling dan diving terbaik. Untuk menuju ke surganya para penyelam ini, anda akan menempuh perjalanan yang cuku jauh. Hal ini karena secara geografis pulau ini letaknya di ujung Papua dan merupakan pulau yang jaraknya paling jauh jika dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya di Raja Ampat. Walaupun jaraknya yang cukup jauh, tidak sebanding dengan keindahannya. Kegiatan yang tidak boleh terlewatkan ketika berwisata ke pulau ini adalah snorkeling ataupun diving. Air di sana sangat jernih hingga terumbu karang yang Indah dan ikan-ikan yang berenang kesana kemari dapat kita lihat dengan jelas. Terumbu karang yang ada di bawah laut pulau ini merupakan tempat hidupnya berbagai jenis ikan dan menambah keindahan dari objek wisata Raja Ampat.paket tour raja ampat

Pulau Wayag di Kepulauan Raja Ampat terkenal dengan lautnya yang berwarna biru muda dan juga biru tua. Untuk sampai ke pulau yang indah ini, dari bandara Domine Eduard Osok (DEO) anda dapt menggunakan angkutan umum atau taksi menuju ke pelabuhan Sorong. Dari pelabuhan anda dapat memutuskan apakah akan singgah dahulu ke kota Waisai atau langsung menuju ke pulau Wayag Raja Ampat. Jika anda ingin langsung ke pulau tersebut anda dapat menyewa speed boat dari kota Sorong dengan harga 9 juta. Perjalanan yang ditempuh memakan waktu sekitar 4 sampai 5 jam. Di laut pulau Wayag terdapat pulau-pulau kapur yang terbentang dan ditumbuhi oleh pepohonan. Pulau-pulau kapur yang membentang tersebut terlihat seperti gunung-gunung kecil yang berwarna kehijauan. Jika anda menginginkan pemandangan yang lebih indah dari pulau ini, anda dapat melakukan pendakian ke pulau Karang. Pendakian untuk mencapai Puncak memakan waktu sekitar 30 menit dan sedikit terjal jadi anda harus lebih berhati-hati. Ketika anda sampai di puncak sebaiknya abadikan moment anda dengan kamera karena pemandangan di sana seperti wisata Halong Bay Vietnam.

Di wilayah pulau Wayag tidak terdapat penginapan atau resort. Jika anda ingin menikmati keindahan pulau ino dengan bermalam maka sebaiknya anda membawa perlengkapan untuk berkemah. Jika anda tidak menyiapkan perlengkapan berkemah anda dapat memilih alternatif lain yaitu dengan pergi ke pulau terdekat, misalnya pulau Waigeo yang berjarak 3 km. Perlu diingat bahwa ketika kita memasuki pulau Wayag maka kita diwajibkan untuk membayar biaya konservasi. Biaya konservasi sebesar 250 ribu untuk wisatawan dari dalam negeri dan 500 ribu untuk wisatawan dari luar negeri.