Tekanan Darah Rendah Pada Anak

tekanan rendah pada anak anak

Apa itu tekanan darah rendah?

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah suatu keadaan yang terjadi apabila tekanan darah didalam arteri lebih rendah daripada tekanan darah normal.

Tekanan darah rendah biasa terjadi apabila tubuh tidak dapat mempertahankan tekanan darah dalam kisaran yang normal. Tekanan darah yang normal berkisar 90/60 mmHg atau 120/80 mmHg.

 

Penyebab tekanan darah rendah pada anak

Tekanan darah rendah pada anak biasanya dipicu oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah:

1. Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah lebih      rendah dari jumlah normalnya.

2. Melakukan gerakan yang cukup cepat

Biasanya hal ini berpengaruh apabila anak melakukan perubahan gerakan yang mendadak dari posisi sebelumnya contohnya apabila seorang anak       sudah baring cukup lama kemudian tiba-tiba berdiri.

3. Syok

Syok adalah suatu kondisi dimana keadaan tekanan darah menurun secara drastis dan mengakibatkan terjadinya gangguan aliran darah dalam tubuh.

4. Efek samping dari obat

Efek samping dari obat yang dimaksud adalah seperti beberapa obat yang dapat menurunkan tekanan darah, seperti obat anti depresi.

5. Dehidrasi

Kurangnya cairan pada tubuh dapat menyebabkan volume darah menurun dan terjadi hipotensi

6. Neurally mediated hypotension

Neurally mediated hypotension terjadi apabila seseorang berdiri dalam jangka waktu yang cukup lama dan menyebabkan aliran darah terkumpul pada bagian bawah tubuh.

 

Apa saja gejala tekanan darah rendah pada anak?

Gejala tekanan darah rendah yang terjadi pada anak, biasanya ditandai dengan:

  • Pingsan
  • Mual
  • Detak jantung terasa lebih cepat
  • Sakit kepala
  • Kulit menjadi pucat
  • Susah berkonsentrasi
  • Pengelihatan kabur

 

Makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah

Selain melalui obat, meningkatkan tekanan darah juga dapat dibantu melalui makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan yang meningkatkan tekanan darah yaitu:

1. Makanan tinggi vitamin B12

Contohnya : telur, kerang, daging sapi dan ayam.

2. Makanan yang asin

Contohnya : ikan asin dan telur asin

3. Makanan tinggi folat

Contohnya : bayam, brokoli, pepaya, pisang dan alpukat.

4. Makanan atau minuman berkafein

Contohnya : kopi, teh dan coklat.

Tekanan darah rendah adalah penyakit yang biasanya dialami oleh orang dewasa, tetapi bukan berarti anak-anak tidak dapat terkena tekanan darah rendah. Oleh sebab itu, hindari hal-hal yang menyebabkan tekanan darah rendah turun dan cobalah untuk mengatur pola hidup menjadi lebih baik lagi.

Itulah beberapa hal mengenai kesehatan anak khususnya tentang tekanan darah rendah. Ada banyak faktor lain yang mesti kita perhatikan lagi.

Kesehatan kita sebagai orang tua juga perlu diperhatikan apalagi seorang ibu mesti tetap menjaga kesehatan fisik dan perawatan kecantikan seperti bagaimana perawatan agar wajah putih juga merawat bau badan agar tidak mengganggu orang lain disekitar kita. Blog seperti clubwanita.com yang dibuat khusus untuk kaum wanita sudah pernah membahas lengkap.

Selamat mencoba semoga artikel ini bermanfaat.