Tips Mengetahui Kedalaman Sumur Bor Bagi Konsumen

kedalaman sumur bor air bersih

Kebutuhan air adalah kebutuhan pokok bagi kehidupan karena air tersebut diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan. Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk menjadikan kebutuhan air juga semakin meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan air tersebut maka masyarakat kini semakin banyak yang menggunakan sumur bor. Dalam pembuatan sumur bor tersebut perlu memperhatikan kedalaman sumur bor air bersih. Dimana kedalaman sumur bor tersebut juga dipengaruhi oleh kebutuhan air baik itu kebutuhan rumah tangga, menengah maupun dalam jumlah besar.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa kedalaman sumur bor juga bisa dipengaruhi oleh kebutuhan terhadap air sumur bor tersebut. Hal ini bisa terlihat dari pemakaian sumur bor untuk kebutuhan perhotelan, industri dan rumah sakit maka pasokan air yang dibutuhkan semakin besar. Dengan demikian kedalaman sumur bor yang dibutuhkan antara 100-250 meter. Sedangkan untuk kebutuhan air di fasilitas umum dan perkantoran atau kelas menengah maka dibutuhkan sumur bor dengan kedalaman 60-80 meter. Untuk kebutuhan perumahan maupun rumah tangga maka diperlukan sumur bor dengan kedalaman 40-45 meter atau bisa disesuaikan dengan kondisi struktur tanahnya.

Baca juga: Jasa sumur bor air bersih makassar

Bagi anda yang berencana membuat sumur bor tentu ingin tahu kedalaman sumur bor air bersih yang dikerjakan oleh jasa pembuat sumur bor. Selain mengetahui dari pihak jasa pembuata sumur bor anda juga bisa menghitung kedalaman sumur bor tersebut. Untuk memudahkan anda mengetahui kedalaman sumur bor tersebut maka berikut akan dijelaskan tips mengetahui kedalaman sumur bor yang perlu diterapkan oleh konsumen.

1. Hitung jumlah pipa stang bor atau pengeboran yang masuk ke dalam tanah dimana jumlah pipa tersebut dihitung dengan menentukan berapa jumlah pipa lalu dikalikan dengan panjang pipa bor. Tips ini bisa dilakukan sesudah pengeboran selesai serta pipa pengeboran ditarik oleh pihak jasa pengeboran sumur.

2. Jumlah pipa casingan yang sudah masuk, panjang pipa casing batang biasanya mempunyai panjang 4 meter lalu disesuaikan dengan kedalaman sumur bor yang dibuat. Contohnya jika kedalaman sumur disepakati 60 meter maka pipa casing yang dimasukkan jumlahnya 15 batang.

3. Pembuatan sumur bor jet pump atau sumur bor submersible sesudah selesai pengeboran maka lubang sumur haruslah dikuras. Cara pengurasan tersebut dilakukan dengan memasukkan air yang jernih memakai diesel menggunakan pipa 1 inn sebagai penghantar. Agar lubang tersebut bersih dari sisa pasir maupun lumpur bekas pengeboran maka pengukurannya harus hingga mencapai dasar sumur. Agar anda bisa mengetahui kedalaman sumur bor yang dibuat maka anda hanya tinggal menghitung jumlah pipa inn yang masuk dan dipakai sebagai penghantar.

Itulah tadi penjelasan mengenai tips menentukan kedalaman sumur bor air bersih yang bisa dilakukan oleh konsumen. Bagi anda yang berencana ingin membuat sumur bor maka konsultasikan mengenai kondisi struktur tanah dan kebutuhan penggunaan sumur bor tersebut. Dengan begitu pihak jasa pembuatan sumur bor akan membantu anda menentukan kedalaman sumur bor yang tepat. Selain itu anda bisa menerapkan tips di atas supaya hasil kedalaman pembuatan sumur bor tersebut semakin akurat dan memudahkan anda untuk mempersiapkan budget.