7 Rekomendasi Jenis Usaha Kecil yang Menguntungkan di Desa

Membuka usaha di kota tidak menjamin akan memberikan kesuksesan yang besar. Kesuksesan bisa didapat oleh siapa saja, bahkan di desa pun bisa membuka usaha dari yang besar sampai yang kecil. Mau tahu apa saja ide usaha yang menguntungkan di desa? Berikut penjelasannya :

Rekomendasi Peluang Usaha Di Desa

Sebenarnya banyak sekali peluang usaha didesa yang sangat menguntungkan, tapi kali ini penulis hanya memberi yang terbaiknya saja. Berikut ide-idenya :

1. Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung punya nutrisi dan gizi yang baik, sehingga dari ternak ayam kampung ini bisa kamu jual ke rumah makan atau kamu juga bisa menjualnya ke tetangga di sekitar rumah.

2. Ternak Lele

Biasanya lahan di desa sangat luas maka orang desa memungkinkan untuk berternak lele. Dalam ternak lele ini ada 2 usaha yang bisa kamu coba. Pertama, jual bibit lele dan yang kedua yaitu lele siap konsumsi. 

3.Menanam Sayur dan Buah-buahan

Menanam sayur dan buat bisa menjadi bisnis kecil yang sangat menguntungkan didesa. Bahkan usaha ini bisa meraup keuntungan yang sangat besar lho. Di desa juga punya lahan yang luas untuk bercocok tanam, sehingga ini menjadi peluang yang sangat menjanjikan.

4. Budidaya jamur

Daya beli jamur kini semakin meningkat karena selain rasanya yang enak, jamur juga bisa diolah dengan berbagai masakan. Budidaya jamur ini juga merupakan bisnis yang sangat menguntungkan di desa dengan modal kecil. 

5. Buka Les Privat

Tempat dan orang yang buka jasa les di desa masih sedikit jika dibandingkan dengan yang ada di kota. Hal ini tentu bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan, karena keberadaan les privat akan sangat membantu anak-anak di desa.

6. Membuat Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan bisa memiliki harga jual yang sangat tinggi di pasaran lho tergantung dengan karya yang kamu buat. Kerajinan ini bisa kamu buat dengan kayu, tanah liat, plastik bekas atau sebagainya.

7. Membuat Website

Dalam membuka jasa pembuatan website ini tidak perlu modal yang besar dan sangat menguntungkan di desa. Sebagai tambahan kamu juga bisa menjadi penulis artikel di website tersebut.

Nah demikianlah usaha kecil dengan untung besar yang ada di desa. Semoga ide bisnis di atas bisa menjadi referensi kamu dan semoga lancar dengan bisnis yang kamu pilih. Terimakasih.