Beberapa Jenis Pertanian Palawija

Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat sudah mengenal sekali dengan jenis konsumsi primer atau utama, seperti makanan pokok. Selain itu, sebagai pemenuhan ada tipe lain yaitu sekunder. Ini bisa Anda jumpai pada pertanian palawija. Apa saja jenis tanamannya? Simak ulasannya berikut.

Jenis-jenis Tanaman Pada Pertanian Palawija

Bercocok tanam merupakan kegiatan paling besar di Indonesia. Dalam hal ini, para petani terus berupaya memberikan hasil panen sebagai sumber makanan terbaik. Salah satunya adalah pada palawija. Berikut ialah jenis-jenis tanamannya yang bisa Anda coba menanam di rumah.

1. Kacang Panjang

Jenis sayuran dengan bentuk panjang berwarna hijau ini sudah akrab sekali di kalangan masyarakat. Pada berbagai daerah pengolahan bahan makanan tersebut memiliki cara serta keunikan masing-masing. Selain itu, manfaat kacang panjang juga bagus untuk kesehatan.

Jika Anda ingin membudidayakan tanaman ini, maka caranya sangat simple dan tanpa ribet. Siapkan lahan luas sekitar rumah. Setelah itu, pastikan bibit mendapatkan sinar matahari cukup agar tetap bisa tumbuh dengan baik serta menghasilkan panen bagus.

2. Jagung

Sumber makanan yang satu ini sudah sangat akrab bagi semua orang. Pengolahannya juga bisa bermacam-macam sebagai pengganti atau pelengkap nasi. Anda dapat dengan mudah menemukan bibit jagung pada pasar atau toko tanaman dekat rumah.

Cara menanam jagung juga sangat mudah. Siapkan lahan luas dan subur. Kemudian, tanam jagung pada awal musim kemarau. Setelah itu, siram secara rutin dan berikan pupuk agar pertumbuhannya lebih maksimal serta tidak mengering.

3. Wortel

Pada pertanian palawija, wortel merupakan tanaman yang memiliki keunggulan karena kandungan beta karotennya untuk menjaga kesehatan. Jenis sayuran ini juga bisa dijadikan jus sehingga bermanfaat menjaga mata tetap sehat.

Untuk bisa menanam wortel, Anda memerlukan sedikit ketelatenan. Hal tersebut karena bibitnya yang memiliki ukuran sangat kecil. Dengan begitu, usahakan agar tempat menanam sayuran ini mendapatkan kelembaban tepat sehingga pertumbuhannya berjalan baik.

Sumber Lengkap : https://berkebun.co.id/

Demikian informasi tentang jenis-jenis tumbuhan pada pertanian palawija. Selain makanan pokok, Anda tetap bisa memanfaatkan sumber lainnya yang tidak kalah enak serta memberikan manfaat bagus untuk kesehatan.