Bukan Hanya Tahi Lalat, Ini Dia Gejala Kanker Kulit yang Harus Diketahui

Selama ini kita seringkali tidak peduli dengan kondisi tahi lalat kita. Bahkan adanya tahi lalat baru merupakan hal yang sepele. Padahal kanker kulit bisa ditandai dengan munculnya tahi lalat baru yang memiliki besar lebih dari 6 mm. Tidak hanya dengan adanya tahi lalat, ciri-ciri kanker kulit lainnya juga bisa kita kenali. Misalnya saja seperti kulit kemerahan. Bagaimanakah gejala kanker kulit yang bisa dirasakan penderita?

Seringnya kulit terkena sinar matahari secara langsung adalah satu penyebab kanker kulit yang umum. Namun bisa juga diderita oleh mereka yang tidak bersentuhan atau terkena langsung dengan sinar matahari. Kanker kulit bisa menyebabkan pertumbuhan sel kulit menjadi tidak normal. Apa saja gejala kanker kulit yang jelas dan harus diwaspadai?

Kenali gejala kanker kulit

Gejala Kanker Kulit Tidak Hanya Tahi Lalat Baru.

1. Benjolan Kecil di Kulit

Waspadai dengan benjolan kecil yang muncul di kulit. Jika muncul luka seperti jaringan parut dan berwarna kecoklatan maka segera periksakan. Terutama luka yang mengeluarkan darah atau berair dan berkerak di beberapa daerah. Biasanya gejala kanker kulit ini terjadi pada daerah yang sering terkena sinar matahari.

2. Sisik pada Kulit

Benjolan berwarna merah dan terasa kasar adalah gejala kanker yang juga patut untuk diwaspadai. Muncul di daerah seperti kepala, leher hingga tangan atau telinga. Tetapi orang yang memiliki warna kulit gelap biasanya terkena kanker kulit di telapak tangan dan telapak kaki. Kenali gejala kanker kulit ini untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Luka Kecil dan Batas Tidak Beraturan

Kanker kulit juga ditandai dengan adanya luka kecil tetapi batas yang ada tidak beraturan. Ada juga bintik besar yang berwarna coklat. Tanda lainnya adalah benjolan pada kulit seperti tahi lalat yang bisa berubah warna serta ukurannya juga bisa berdarah. Segera periksakan diri apabila gejala kanker kulit seperti ini muncul pada diri anda.

4. Bintik Besar Berwarna Coklat

Gejala kanker kulit berikutnya adalah bintik besar yang berwarna coklat. Gejala ini yang paling mudah terlihat serta muncul pada bagian wajah dan di bawah kaki. Maka tak ada salahnya untuk peduli jika muncul bintik besar berwarna coklat. Segera periksakan diri untuk mendapat penanganan medis.

Untuk terhindar dari penyakit kanker kulit, jagalah selalu kondisi kulit agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Bisa dengan penggunaan tabir surya juga dengan mengonsumsi obat kanker kulit yang alami. Misalnya saja minum jus anggur dan menggunakan minyak citrus. Kenali gejala kanker kulit dan deteksi sejak dini untuk mendapat penanganan lebih cepat.