Cara Membuat Mimbar Masjid Sederhana Dan Awet

Kegunaan sebuah mimbar masjid yang saat ini dirasa sangat penting ternyata juga berpengaruh keras terhadap harga jualnya yang semakin melambung. Terlebih untuk beberapa jenis mimbar yang memiliki ciri khas yang unik dan indah. Seperti mimbar ukir atau mimbar dengan bahan kayu yang berkualitas. Tentu kondisi seperti ini akan sedikit menyulitkan bagi mereka yang memiliki budget minim untuk membeli mimbar dengan harga selangit.

Oleh karena itu, salah satu alternatif yang mungkin sangat cocok, bahkan bisa anda terapkan sendiri adalah dengan membuat mimbar masjid sederhana. Dimana hal ini bisa anda lakukan dengan cara anda sendiri dan tentunya akan lebih menghemat biaya. Pembuatan mimbar ini sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja mungkin anda membutuhkan tukang kayu yang sudah ahli. Agar bahan kayu yang anda sediakan bisa diolah dan dijadikan mimbar yang anda butuhkan.

Cara Membuat Mimbar Sederhana

mimbar masjid

Perlu anda ingat bahwa hal pertama yang harus ada pada mimbar kayu yang akan anda buat adalah ketahanan dan keawetannya. Oleh karena itu, anda harus memilih bahan yang berkualitas. Setelah itu anda hanya perlu melakukan cara berikut:

  • Gunakan kayu jati

Salah satu rekomendasi bahan yang awet dan berkualitas adalah kayu jati. Dimana kayu ini memang sudah menjadi langganan sebagai bahan dasar pembuatan mimbar masjid sederhana. Meskipun ada jenis kayu lain yang mungkin juga memiliki kualitas yang bagus, namun untuk kayu jati sendiri diketahui mampu memiliki keawetan hingga lebih dari 30 tahun.

  • Gunakan cat berkualitas

Setelah anda mendapatkan bahan utama pembuatan mimbar anda, maka untuk memperindah tampilannya anda harus menggunakan cat. Akan tetapi anda harus memilih jenis cat yang juga berkualitas tinggi (tidak disarankan memakai cat murahan). Sehingga cocok dengan bahan utama dan tidak membuat bahan tersebut menurun dalam segi kualitas.

Pasalnya ada beberapa jenis cat yang pada saat penggunaannya tidak memberikan warna yang bagus. Akan tetapi justru membuat bahan dasar dari mimbar masjid sederhana menjadi keropos. Oleh karena itu, anda perlu selektif dalam memilih cat yang akan anda gunakan untuk mewarnai mimbar anda.

  • Perawatan berkala

Setelah mimbar anda jadi, anda juga harus tetap merawatnya secara berkala (membersihkan dan mengecat ulang). Dengan tujuan agar mimbar anda tetap awet dan selalu tampak baru. Untuk perawatan ini bisa anda lakukan minimal satu minggu satu kali. Dengan begitu, mimbar masjid anda akan lebih awet dan tahan lama.

Nah, itulah tadi cara membuat mimbar masjid sederhana untuk alternatif saat anda anda kekurangan budget untuk membeli mimbar dengan harga yang mahal. Dengan membuat mimbar sendiri, biaya yang anda keluarkan lebih hemat dan anda bisa bebas memilih bahan dasar yang anda gunakan.