Cara Memusnahkan Ulat

Banyak sekali keluhan yang dirasakan oleh para petani karena sawahnya terserang banyak hama tanaman. Namun, ada juga beberapa cara memusnahkan ulat daun dengan mudah, agar tidak merambat ke batang hingga menjadikan kerusakan parah.

Cara Memusnahkan Ulat Daun

Sebenarnya ada banyak sekali cara mengusir hama satu ini. Memang kegemaran mereka memakan dedaunan. Namun jika hal tersebut dibiarkan, maka hasil panen akan berkurang kualitasnya. Berikut beberapa langkah memusnahkan ulat bulu.

Menanam Tanaman Pengusir Mereka

Ulat bulu memang musuh terbesar para petani, mereka akan memakan daun hingga menyisakan seratnya saja. Dengan demikian akan mengurangi kualitas tanaman. Namun mereka sangat membenci tumbuhan dengan bau menyengat dan perlahan akan menjauhi area tersebut.

Tanaman yang mempunyai bau menyengat dan tidak disukai oleh hama satu ini adalah, seperti bunga lavender, kemangi dan daun mint. Dengan menanamnya di area perkebunan, maka tumbuhan akan perlahan terbebas dari ulat daun. Selain itu aman digunakan karena bersifat non kimia.

Pelihara Unggas

Cara selanjutnya untuk mengusir ulat daun ketika menyerang tanaman di area perumahan adalah dengan memelihara ayam. Alasannya, mereka merupakan predator yang akan memangsa hama-hama tersebut. Dengan demikian tumbuhan akan terbebas dari kecacatan pada daunnya.

Penggunaan unggas sebagai sarana penangkal datangnya hama sangatlah efektif. Sebab mereka juga menguntungkan ketika masanya untuk di sembelih. Jadi pengendalian ulat bulu dengan cara satu ini juga tergolong efektif serta menghemat biaya pembelian pestisida.

Membuat Pestisida Secara Alami

Langkah selanjutnya untuk mengusir adanya ulat daun pada tanaman adalah dengan menggunakan pestisida alami. Cara membuatnya adalah dengan memanfaatkan bubuk bacillus thuringiensis, semacam bakteri yang kehidupannya di tanah.

Penggunaan pestisida dengan bahan tersebut sangat ampuh sekali membunuh ulat daun, namun tidak ada pengaruh negatif bagi manusia. Jadi akan lebih aman sekaligus efektif sebagai pengusir hama satu ini. Dengan demikian tanaman menjadi terlindungi serta bisa tumbuh maksimal.

 

Demikian tadi beberapa penjelasan mengenai cara memusnahkan ulat daun. Jadi bisa dipraktekkan di rumah sendiri sebagai media pengusir hama mengganggu.

Sumber: https://www.kebun.co.id/