Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP dengan Contohnya

Handphone menjadi salah satu alat telekomunikasi yang semakin berkembang penggunaannya. Tak sekedar untuk berkomunikasi, alat ini juga digunakan untuk memudahkan berbagai pekerjaan manusia, tak terkecuali untuk melakukan berbagai perhitungan. Salah satu hitungan yang paling sering dilakukan menggunakan kalkulator di HP adalah mencari persentase, misalnya sebelum seseorang membeli barang diskonan atau sebaliknya, penjual yang ingin menentukan harga jual yang sesuai dengan diskon yang ingin diberikan.

Contoh Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP

Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP

Persentase atau yang sering diebut sebagai persen menunjukan jumlah bagian dari keseluruhan bagian. Meskipun termasuk sebagai operasi matematis yang cukup umum dalam keseharian, nyatanya tak sedikit orang yang belum memahami bagaimana cara menghitung persen di kalkulator HP. Ya, handphone memang dilengkapi dengan aplikasi kalkulator baik itu mesin hitung sederhana maupun mesin hitung ilmiah (scientific).

Terlepas dari handphone yang digunakan adalah smartphone atau featurephone (HP jadul), tak ada salahnya Anda mengetahui bagaimana cara menghitung persentase ini. Pada kalkulator biasa, tidak dilengkapi dengan tombol persen dan hanya berisi operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dengan fungsi yang terbatas dibanding kalkulator ilmiah. Contoh cara menghitung persentase dari kalkulator standar adalah: 

Anda ingin menghitung berapa nominal potongan harga (diskon) 25% dari sebuah produk t-shirt yang dibanderol seharga Rp 200.000. selain itu, Anda juga ingin mengetahui, berapa harga akhir yang harus dibayar untuk membeli t-shirt tersebut setelah dikurangi diskon.

Pertama, perlu Anda ketahui bahwa persen (%) berarti mewakili total atau dalam contoh ini adalah harga yang tertera di banderol yaitu Rp 200.000. Artinya, harga banderol tersebut dianggap sebagai 100 yang kemudian menjadi pembilang dalam bentuk pecahannya. Dalam contoh ini yaitu 25%, maka bentuk pecahan yang didapat adalah 25/100.

Dari angka pecahan ini, kemudian dapat Anda rubah menjadi bentuk desimal menggunakan kalkulator yaitu 25 ÷ 100 = 0.25 yang bisa langsung dikalikan dengan banderol harga untuk mendapatkan nominal diskonnya.

Jadi nominal diskon untuk t-shirt tersebut adalah 0.25 dikalikan harga t-shirt Rp. 200.000 atau pada kalkulator HP lakukan operasi matematika sebagai berikut 0.25x 200000 = 50000.

Lihat contoh perhitungannya di kalkulator seperti di bawah ini…

Cara Mencari Persen pada Kalkulator Scientific di HP

Artinya nominal diskon untuk t-shirt tersebut adalah Rp 50.000. lalu berapa harga yang harus Anda bayarkan untuk membeli t-shirt tersebut? Mudah saja, tinggal mengurangi nominal harga pada banderol t-shirt dengan nominal diskon, atau Rp. 200.000 – Rp. 50.000 = Rp 150.000. 

Cara Mencari Persen pada Kalkulator Scientific di HP

Lain lagi jika Kamu bisa mengakses kalkulator scientific di HP karena ada beberapa aplikasi bawaan yang mendukung fitur ini selain sekedar kalkulator biasa dan konverter unit. Kalkulator jenis ini memiliki fitur yang lebih lengkap dengan tombol persen, akar kuadrat, fungsi sin, cos, tan dan lain sebagainya.

Apabila Anda ingin melakukan perhitungan seperti contoh di atas, maka Anda bisa langsung menekan tombol 25 diikuti tombol %  maka akan menghasilkan angka desimal 0.25 yang selanjutnya bisa dikalikan dengan banderol harga Rp 200.000 untuk mengetahui nominal diskon. Hasil dari perhitungan tersebut adalah 50.000 yang merupakan besaran potogan harga untuk produk t-shirt tersebut.

Selanjutnya, jika Anda ingin mengetahui berapa harga yang harus dibayar untuk membeli t-shirt tersebut, lakukan pengurangan harga banderol dengan jumlah potongan yang dihitung sebelumnya. Maka Anda bisa langsung menghitung 200.000 – 50.000 = 150.000. jadi besarna harga yang harus Anda bayar untuk t-shirt tersebut setelah terkena diskon adalah sebesar Rp. 150.000 saja.

Demikianlah cara menghitung persen di kalkulator HP dengan contoh soal, baik pada kalkulator standar maupun kalkulator scientific. Mudah sekali bukan?