Desain Komunikasi Visual: Tugas, Fungsi, dan Prospek

Kehadiran ilmu desain komunikasi visual memfasilitasi Anda yang ingin menyalurkan bakat dan kemampuan menggambar. Anda tentu penasaran bukan, mengenai apa saja hal-hal yang dipelajari dan fungsi kedepannya dalam dunia kerja? Yuk, simak detailnya dalam ulasan di bawah ini.

Pengertian Desain Komunikasi Visual

Desain komunikasi visual adalah ilmu yang mempelajari aplikasi dari seni dan desain untuk mengkomunikasikan sebuah pesan secara visual. Dengan demikian, bisa dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan di masyarakat melalui berbagai media agar tercipta perubahan di dunia.

Ilmu tersebut akan membantu Anda dalam mengembangkan berbagai inovasi, kreativitas, dan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia industri di masa mendatang. Karya-karya Anda dapat dijadikan sebagai portofolio untuk membangun kepercayaan dan kerja sama dengan berbagai pihak.

Tugas dan Fungsinya

  1. Memberikan informasi yang dapat mempengaruhi tindakan seseorang.
  2. Untuk tujuan sosial dan komersial, artinya desain harus bersifat inovatif, kreatif, komunikatif, efektif, dan efisien, agar pesan yang disampaikan sesuai target atau tepat sasaran.

Apa yang Dipelajari?

Apa sajakah yang dipelajari dalam desain komunikasi visual? Ya, tentu saja tak jauh dari pembahasan soal desain. Berikut terdapat 4 hal yang dipelajari.

1. Desain Komunikasi Visual Periklanan

Di dalam membuat iklan, seorang desainer harus bisa menguasai visual yang menarik agar hasilnya persuasif. Selain itu, mampu mengemas citra dari program atau produk di setiap proyek yang dikerjakan menggunakan bahasa visual terbaik.

2. Desain Komunikasi Grafis

Kemampuan yang wajib dimiliki antara lain mendesain, kemasan, logo, promosi, surat kabar, dan lain-lain.  

3. Desain Komunikasi Multimedia

Desain ini lebih cenderung pada media yang bersifat dinamis berbasis audio dan waktu. Misalnya adalah animasi, media interaktif, dan desain web.

4. Desain Komunikasi Visual New Media

Konsentrasi dari desain ini lebih mengarah pada media digital, sebagai contoh antara lain website, blog, dan vlog.  

Prospek Kerja

Simak sejumlah prospek kerja yang bisa jadi alternatif bagi siapapun yang ingin belajar desain komunikasi visual.

1. Di Perusahaan

Lulusan jurusan desain komunikasi visual banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Misalnya di production house, perusahaan teknologi, departemen pemerintah, perusahaan multinasional, media, UKM, agensi humas, dan periklanan.

Profesi lain yang sesuai dengan bidang ini antara lain menjadi pembuat label suatu makanan atau produk, mendesain logo untuk branding perusahaan atau suatu lembaga.

2. Membuka Usaha Mandiri

Anda tawarkan jasa pembuatan berbagai macam desain.  

3. Menjadi Prioritas dalam Ekonomi Kreatif

Pemerintah lewat Badan Ekonomi Kreatif membuka peluang kerja bagi seorang desain produk dan komunikasi visual, yaitu sebagai penggerak dalam perekonomian.  

Materi mengenai apa itu desain komunikasi visual di atas semakin memperjelas gambaran saat Anda kuliah dan mengambil jurusan tersebut di salah satu universitas di Indonesia. Banyak keuntungan apabila Anda mempelajarinya secara mendalam.