Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membeli Kabel Fiber Optik

Untuk menentukan pilihan dalam memilih kabel anda harus membaca artikel ini, karena kami akan mengabarkan hal-hal apa saja yang harus anda perhatikan sebelum membeli kabel terutama konektor kabel fiber optik.

Anda pasti sudah mengetahui bukan kabel fiber optik adalah kabel yang terbuat dari kaca dan juga plastik, kabel ini ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan tipis namun dengan ukuran yang sangat kecil ia bisa melakukan transfer yang lebih baik ketimbang kabel tembaga biasa.

Bagi anda yang akan membeli kabel fiber optik tentunya harus mengetahui hal-hal penting terkait kabel fiber optik agar nantinya setelah membeli anda tidak menyesal. Untuk lebih mengetahui apa saja yang perlu anda perhatikan saat akan membeli kabel fiber optik berikut kami tampilkan beberapa hal  yang perlu anda perhatikan saat membeli kabel fiber optik.

Hal yang perlu diperhatikan saat membeli kabel fiber optik

Berikut hal yang harus anda perhatikan saat membeli kabel fiber optik

  • Model Kabel

Untuk model kabel Anda bisa menentukan model kabel mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk model kabel fiber optik sendiri sebenarnya ada dua jenis yakni multi model dan single model.

  • Jaket Kabel Serat Optik

Jaket kabel serat optik adalah pelindung bagian luar untuk kabel fiber optik. Hal ini perlu diperhatikan karena jaket kabel fiber optik sangat bermanfaat dan sangat berguna bila anda menggunakan kabel fiber optik karena dia akan melindungi dari luar kabel, sehingga kabel tidak mudah rusak karena serangan dari luar. 

Serangan kabel dari luar seperti gigitan tikus, gesekan, terkena benda tajam. Carilah jaket kabel yang tebal sehingga dapat menghindarkan serangan-serangan dari luar yang dapat merusak kabel.

  • Simpleks dan Dupleks

Simplex dan duplex hanya memiliki perbedaan antara 1 dan 2 serat, yakni antara 1 atau 2 konektor di setiap ujung kabel atau bahkan duakan aktor di masing-masing ujung kabel. Satu serat digunakan untuk mengirim sinyal data dan yang lain akan menerimanya, terkadang hanya satu serat yang diperlukan, jadi pastikan anda membeli kabel sesuai dengan serat yang dibutuhkan.

Demikian artikel mengenai hal apa saja yang harus anda perhatikan bila akan membeli kabel fiber optik.