Ini Dia Arti Setiap Warna Pada Warna Tong Sampah

Berbagai negara saat ini sudah menerapkan sistem pengelolaan sampah yang tertata, termasuk di Indonesia pun sudah mulai membedakan sampah berdasarkan warnanya. Tong sampah organik berwarna ini berfungsi untuk memisahkan jenis sampah organik, non organik, kertas, dan residu.

Maksud dan tujuan tempat sampah organik dan anorganik berwarna ini adalah supaya lebih mudah mendaur ulang sampah-sampah tersebut.

Saat ini ada 5 jenis warna tong sampah yang memiliki fungsi berbeda-beda, yuk kita belajar membedakan warna tong sampah untuk ikut membantu melestarikan bumi.

  1. Warna merah digunakan untuk menampung sampah B3 ( Barang berbahaya dan beracun ). Jenis tempat sampah B3 ditandai dengan warna merah seperti sampah beling, kaca, obat nyamuk, dan lainnya. Dengan adanya tempat sampah ini supaya tidak membahayakan bagi orang lain.
  2. Warna kuning digunakan untuk menampung sampah organik. Tong sampah non organik ditandai dengan warna kuning bertuliskan non organik yang sampah di dalamnya terdiri dari plastik bekas, gelas bekas air mineral plastik, dan lainnya. Dengan adanya tong sampah warna kuning ini bisa mempermudah pemanfaatan sebagai kerajinan daur ulang.
  3. Warna hijau digunakan untuk menampung sampah organik. Jenis sampah inilah yang biasanya diolah untuk dijadikan sebagai pupuk kompos, karena yang termasuk jenis sampah ini seperti dedaunan, bekas sayuran, dan lainnya. Adanya tong sampah warna hijau ini bisa mempercepat proses pembuatan kompos karena sampah sudah dipisahkan dari sampah non organik dan B3.
  4. Warna biru biasanya digunakan untuk menampung jenis sampah kertas. Tong sampah untuk kertas biasanya yang berwarna biru, dengan bertuliskan kertas pada tong sampahnya. Salah satu manfaat dari hal ini adalah untuk mempermudah proses daur ulang kertas menjadi kerajinan yang lebih bermanfaat.
  5. Warna abu-abu biasa digunakan untuk menampung sampah residu atau ampas. Warna terakhir yang biasanya bertuliskan tulisan residu yang artinya tong sampah ini hanya boleh diisi oleh sampah-sampah selain 4 jenis sampah di atas.

Semoga apa yang telah disampaikan di atas bisa bermanfaat untuk pengetahuan kita. Supaya kita bisa semakin peduli dan mencintai lingkungan sekitar. Dengan menggunakan tong sampah organik berwarna tentu akan mempermudah petugas pengangkut sampah nantinya. Mempermudah pekerjaan orang lain tentu akan bernilai manfaat dan pahala bagi kita.

jual-tempat-sampah-5-warna

Selain itu, menjaga lingkungan sangatlah penting. Karena seperti yang kita ketahui sampah di Indonesia setiap harinya sangat banyak dan semakin menumpuk. Tentu sudah seharusnya kita membuang kebiasaan membuang sampah sembarangan atau tidak memisahkan sampah. Dengan kita mengelompokkan sampah ke dalam tong sampah berwarna sesuai dengan jenisnya, hal ini tentu akan membantu proses daur ulang sampah.

Meskipun saat ini masih banyak yang menyepelekan masalah sampah, padahal jika tidak ditangani dengan baik dan tepat, sampah bisa berpotensi menyebabkan kerugian bagi manusia dan lingkungan. Mulai dari banjir, penyakit yang bisa muncul karena sampah yang menumpuk.

Maka dari itu, diperlukan adanya kesadaran dari tiap individu tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Namun seringkali hal ini terbentur dengan masalah ketersediaan tempat sampah yang baik. Masih banyak sekali daerah atau jalanan yang tempat sampahnya tidak memenuhi kriteria sebagai tempat sampah pembuangan yang sehat.