Jangan Sia-Siakan, Berbagai Bentuk Beasiswa untuk Perguruan Tinggi

Beasiswa merupakan salah satu jalan yang digunakan agar bisa menempuh pendidikan di jenjang lebih tinggi walaupun dengan keterbatasan ekonomi. Sekarang ini banyak sekali lembaga pemerintahan maupun swasta menyediakan beasiswa bagi pelajar kurang mampu di pelosok daerah sekalipun.

Jenis Beasiswa di Perguruan Tinggi

Meskipun Anda terlahir dari keluarga kurang mampu, bukan berarti masa depan suram, tidak bisa mengenyam pendidikan dan semacamnya. Buka mata dan lihatlah, jika mau bangkit maka banyak pertolongan yang datang dengan sendirinya. Ini dia berbagai beasiswa di PT terpercaya.

KTP Kuliah

Salah satu bentuk dukungan pemerintah untuk dunia pendidikan adalah dengan diciptakannya ktp kuliah. Program baru ini sebenarnya ada karena menggantikan bidikmisi. Namun kali ini bantuan tersebut hadir dengan sasaran yang lebih tepat dan anggaran dana lebih besar dibandingkan sebelumnya. Ktp kuliah bisa didapatkan dengan syarat Anda adalah pelajar berprestasi di bidang akademik dan berasal dari keluarga kurang mampu. Besarnya biaya yang diterima adalah 6.600.000 per semester dan belum ditambah biaya hidup dan pendidikan selama empat tahun, cukup besar bukan.

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik

Kemudian ada PPA atau peningkatan prestasi akademik. Dari namanya saja Anda pasti sudah paham bagaimana cara untuk mendapatkan bantuan tersebut. Syarat-syarat yang harus dipenuhi antara lain adalah penerima adalah mahasiswa sudah masuk semester 2, IPK minimal harus 3.0. Serta ada pula syarat-syarat administratif lainnya seperti surat keterangan gaji dari orang tua dari perusahaan atau pihak yang mempunyai wewenang, fotokopi dokumen-dokumen kuliah, dan semacamnya. Besaran biaya yang diberikan adalah 350.000 per bulan selama 1 semester.

Tanoto Foundation

Selain beasiswa dari pemerintah Anda juga bisa mencari bantuan dari pihak lain misalkan saja BUMN dan pihak swasta lainnya. Contohnya Tanoto Foundation yang siap memberikan suntikan dana hingga sebesar 9.000.000 rupiah per tahunnya. Proses seleksi biasanya diinfokan dalam website resmi mereka. Masih banyak lagi rangkaian beasiswa dan sumber kucuran dana yang bisa membantu meringankan beban pembayaran biaya perguruan tinggi. Asalkan rajin mencari, Anda pasti mendapatkannya.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/