Jenis dan Contoh Komunikasi Bisnis, Kamu Harus Tahu

Ada tiga jenis komunikasi bisnis, mulai dari elektronik, verbal hingga tertulis. Ketiganya akan dijelaskan dalam artikel ini. Selain itu juga berikan contoh komunikasi bisnis agar lebih mengerti.

Salah satu manfaat memiliki skill komunikasi bisnis adalah kita bisa memanfaatkan peluang dengan baik, modal dalam bisnis seperti uang menjadi tidak urgen selama kita bisa mengkomunikasikannya dengan mitra.

Bicara soal peluang, bagi kamu yang mau berbisnis dalam bidang ternak bisa baca referensinya peluang usaha ternak yang menguntungkan.

contoh komunikasi bisnis

Jenis Komunikasi Bisnis

1. Komunikasi Elektronik

Dengan komunikasi elektronik, informasi akan dikirim lebih cepat, akurat dan tidak akan tergantung pada lokasi lawan bicara. Untuk komunikasi bisnis online yang lebih kualitatif, sangat disarankan untuk menggunakan platform canggih, yang akan memberi Anda akses ke serangkaian alat yang berguna seperti melalui telepon, zoom atau telegram.

2. Komunikasi  Verbal

Jenis komunikasi bisnis dengan verbal adalah bentuk tertua dari komunikasi bisnis, tetapi masih ada  Metode interaksi ini mencakup meeting langsung, wawancara tatap muka, penugasan, dan beberapa metode terkait lainnya.

Ada beberapa orang yang menganggap komunikasi verbal sebagai jenis komunikasi bisnis terbaik, karena kesederhanaannya. Interaksi manusia memungkinkan manajer untuk mengamati timnya dan memeriksa segala bentuk komunikasi nonverbal.

3. Komunikasi Tertulis

Komunikasi tertulis dianggap lebih ringkas dan lebih jelas karena terdiri dari surat-surat resmi, memo resmi, poster, selebaran, dan semua yang tertulis di atas kertas. Komunikasi bisnis tertulis juga digunakan untuk penugasan yang lebih rumit, di mana beberapa instruksi tambahan diperlukan.

Komunikasi tertulis sering digunakan untuk bertukar informasi yang jelas dan juga,digunakan untuk pemberitahuan formal dan kontrak kerja. Namun, komunikasi bisnis tertulis dianggap oleh banyak pengusaha sebagai metode yang kuno sebab kemajuan teknologi memberi pebisnis metode komunikasi baru, yang lebih simple.

Contoh Komunikasi Bisnis

1. Mengirim Surel

Setiap email yang Anda kirim adalah contoh  mengkomunikasikan kepada orang lain tentang bisnis Anda. Email adalah metode komunikasi yang penting. Mendaftarkan e-marketing, menyampaikan undangan meeting atau laporan bulanan ke investor adalah contoh yang jelas dari komunikasi bisnis.

2. Membuat Laporan Tahunan

Perusahaan dengan pemegang saham memiliki kewajiban untuk melaporkan p keuangan dan pasar perusahaan. Menggunakan laporan tahunan sebagai alat komunikasi sangat efektif karena laporan tahunan memiliki masa simpan yang lama, kadang-kadang mencakup tahun setelah edisi berikutnya.

Laporan adalah contoh komunikasi bisnis yang mengkomunikasikan tujuan Anda, perubahan, peningkatan, dan membantu mempertahankan citra positif jangka panjang bagi perusahaan Anda.

3. Mengkomunikasikan Tugas Pekerjaan Kepada Karyawan

Memberi informasi tentang peran pekerjaan yang ditugaskan adalah kunci penting dari komunikasi bisnis. Dengan tidak adanya kejelasan peran mereka, karyawan mungkin tidak dapat menyelesaikan pekerjaan mereka seperti yang diharapkan.

Komunikasi bisnis melibatkan semua yang Anda lakukan setiap hari. Apakah Anda mengirim memo kepada pegawai tentang perubahan prosedur atau membeli ruang iklan komersial di situs internet. Untuk itulah komunikasi bisnis dianggap sangat efektif untuk keberlangsungan bisnis.