Kesalahan yang Sering Dilakukan Sebelum Sewa Bus Pariwisata

Sewa bus pariwisata seringkali dijadikan pilihan ketika Anda akan melakukan perjalanan wisata baik itu di dalam kota, ke luar kota, hingga antar provinsi. Terlebih jika perjalanan itu dilakukan bersama orang banyak, entah itu rombongan keluarga besar, rekan kantor, atau study tour di sekolah. Meskipun melakukan penyewaan bus ini bisa dilakukan dengan mudah, namun bukan berarti Anda tidak memperhatikan banyak hal ketika menyewa.

Banyak kasus yang sering terjadi saat penyewaan bus, ada salah satu pihak yang dirugikan. Utamanya adalah penyewa yang seringkali merasa ditipu atau dibohongi oleh pihak penyedia jasa. Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan oleh masyarakat ketika akan menyewa bus pariwisata. Apa sajakah itu?

Tidak Memilih Jenis Bus dengan Tepat

Kesalahan pertama yang seringkali dilakukan oleh masyarakat yang akan sewa bus pariwisata adalah tidak memilih jenis atau model bus dengan tepat. Seperti yang diketahui, setiap penyedia jasa sewa, tentunya akan menyediakan beragam jenis pilihan armada yang bisa dipilih nantinya. Namun, kadangkala masyarakat sering terpaku dengan  pilihan yang umum dipilih padahal itu tidak sesuai dengan kebutuhan.

Untuk menghindari kesalahan ini, ada baiknya agar Anda melakukan koordinasi bersama rombongan maupun bersama pihak jasa. Beberapa hal yang harus dikoordinasikan ini adalah seperti ukuran bus apa yang dipilih, bagaimana fasilitas yang diinginkan, hingga bagaimana kemewahan atau fitur yang dimiliki oleh bus yang akan disewa.

Tidak Melakukan Riset Harga

Kesalahan lainnya adalah masalah harga. Setiap penyedia jasa sewa bus pariwisata pun pastinya akan memberlakukan penawaran harga yang berbeda. Di mana penentuan harga ini ditentukan oleh banyak faktor. Baik itu kondisi bus, fasilitas yang ada, fitur yang tersedia, hingga tergantung pada bran dari perusahaan penyedia jasa itu sendiri.

Banyak masyarakat yang tidak melakukan riset harga terlebih dahulu sebelum menyewa. Kesalahan ini seringkali membuat masyarakat dibuat kaget dengan harga-harganya. Atau, seringkali ada oknum penyedia jasa yang memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat dengan memasang harga tinggi atau lebih dari harga pasaran atau harga normalnya. Itulah mengapa, sebelum menyewa pastikan untuk tahu rata-rata harga sewa di pasaran.

Tidak Survey atau Mengecek Bus yang Digunakan

Tidak hanya masalah pilihan bus yang salah atau bahkan masalah harga yang tidak diriset terlebih dahulu, rupanya ada kesalahan lain yang juga sering dilakukan masyarakat. Terlebih ketika akan sewa bus pariwisata dan menganggap bahwa pihak penyedia jasa akan memastikan keadaan busnya dengan baik.

Pada dasarnya, tidak semua pihak jasa yang menyediakan layanan tersebut. Banyak ditemukan beberapa oknum penyedia jasa yang ternyata memberikan fasilitas buruk pada pelanggannya. Termasuk masalah bus yang disewakan, bisa berupa mesin sudah tua, atau driver yang kurang pengalaman. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya sebelum keberangkatan lakukan survey atau pengecekan terlebih dahulu.

Asal Memilih Penyedia Jasa

Beberapa kesalahan sebelumnya memang seringkali terjadi. Namun, ada kesalahan yang dirasa cukup fatal ketika Anda memilih pihak penyedia jasa sewa bus. Kesalahan tersebut adalah memilih pihak jasa secara asal tanpa melihat bagaimana track record dan kualitas layanan. Padahal hal tersebut harus diperhatikan guna kelancaran perjalanan nantinya. Sebaiknya, sebelum menyewa bus, pastikan jika Anda sudah memilih penyedia jasa yang tepat.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan beberapa faktor, seperti misalnya tahu bahwa riwayat perusahaannya baik, armada bus yang disediakannya berkualitas, dan juga punya testimoni atau penilaian baik dari para pelanggan sebelumnya. Tentunya, dengan memperhatikan beberapa kesalahan ketika sewa bus pariwisata bisa menjadi acuan. Agar Anda tidak kembali melakukan kesalahan tersebut, dan memilih untuk mengantisipasinya untuk mendapat layanan yang berkualitas.