Pekerjaan Marketing beserta Tugas dan Jobdesknya

Marketing adalah proses menarik pelanggan dan klien potensial dengan sebuah produk atau layanan yang dimiliki. Kata kunci dalam definisi marketing ini adalah "Proses" marketing melibatkan penelitian, promosi, penjualan, dan distribusi produk atau layanan.

Sementara pekerjaan marketing adalah menarik konsumen, mengapa mereka harus memilih produk atau layanan Anda.

Pekerjaan ini merupakan bentuk komunikasi persuasif. Pekerjaan dalam bidang marketing mencakup pembuatan konsep produk atau layanan, mengidentifikasi siapa yang kemungkinan akan membelinya, mempromosikannya, dan menjualnya melalui saluran penjualan yang sesuai.

Seperti apakah job deskripsi pekerjaan di bidang marketing dan kualifikasi apa yang harus dimiliki?

Pekerjaan marketing ini jelas sangat menunjang untuk siapapun yang berbisnis, mulai dari bisnis kecil skala rumahan, maupun bisnis skala besar.

pekerjaan marketing

Kualifikasi Marketing

Gelar Sarjana dalam Marketing, Manajemen Bisnis atau Bidang Terkait, Komunikasi, Hubungan Internasional dsb.  Adapun skill yang perlu dimiliki adalah menguasai:

  1. Komunikasi interpersonal.
  2. Strategi marketing.
  3. Pengembangan produk.
  4. Kreativitas.
  5. Strategi keuangan.
  6. Mempunyai perencanaan, penelitian dan analisis yang bagus.
  7. Leadership.

Buat contoh surat lamaran untuk bisa mendaftar ke posisi marketing officer dan persiapkan bahan interview, jika memang lamaran Anda diterima oleh manager HRD. Siapkan perkenalan diri dengan menggunakan bahasa Inggris agar bisa menambah daya tarik.

Sampaikan alasan mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan ini dan pastikan Anda tahu apa saja pekerjaan yang nantinya Anda hadapi.

Klasifikasi Marketing

1. Pemasaran Lokal

Di pasar lokal, pembeli dan penjual terbatas pada wilayah setempat. Pemasaran lokal hanya  mencakup pelanggan yang berlokasi di kawasan produk atau layanan diproduksi atau disediakan.

2. Pemasaran Regional

Proses marketing ini mencakup pasar yang lebih luas daripada lokal market. Pemasaran regional dirancang untuk menargetkan pelanggan atau prospek di wilayah tertentu.

3. Pemasaran Nasional

Strategi pemasaran lingkup nasional adalah strategi marketing yang diupayakan jika Anda ingin memiliki pelanggan di seluruh negeri.

4. Pemasaran Pasar Internasional

Strategi pemasaran lingkup internasional adalah strategi marketing yang menjangkau target konsumen di seluruh negara.

Pekerjaan/Job Desk Marketing                                 

Kegiatan kerja seorang staff marketing:

  1. Mempersiapkan dan menyampaikan rencana marketing.
  2. Melibatkan pemangku kepentingan utama untuk produk di setiap tahap kampanye, dan melaporkan hasil setelah selesai.
  3. Menghasilkan dan menjalankan kampanye marketing di seluruh platform sosmed seperti Twitter, Facebook, Instagram, YouTube dan banyak lagi.
  4. Membuat laporan untuk kampanye marketing digital menggunakan alat analisis berbasis data dan juga menyajikan data dalam format yang mudah dimengerti.
  5. Mencari sumber peluang iklan dan menempatkan iklan di pers, radio atau TV yang sesuai dengan produk atau layanan.
  6. Bekerja sama dengan media sesuai kebutuhan dan mengelola produksi materi marketing seperti selebaran, poster, dan buletin, termasuk buletin elektronik dan DVD.
  7. Memantau aktivitas pesaing dan menghasilkan arahan untuk produk dan layanan.

Deskripsi pekerjaan marketing executive berbeda dengan staff marketing. Pekerjaan  marketing executive adalah mengembangkan kampanye marketing untuk mempromosikan layanan, produk atau acara.

Sementara, pekerjaan seorang eksekutif marketing bervariasi, tergantung pada jenis dan ukuran organisasi dan sektor. Perannya secara luas mencakup perencanaan, pengorganisasian acara, sponsor, iklan, hubungan masyarakat, dan penelitian.

Bagaimana? Sudahkah memahami dengan baik apa saja kualifikasi dan skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang marketer dan apa saja pekerjaan yang dilakukan kedepannya?

Tertarik dengan artikel bisnis?, klik tautan berikut ini: blog bisnis.