Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Bikin Dompet Tebal

Pekerjaan sampingan untuk anak kuliah baik itu yang dikerjakan dari rumah maupun di luar ruangan ada beragam. Di antaranya ada yang tanpa modal, ada yang sesuai minat/ hobi, dan lain sebagainya.

Masa kuliah menjadi waktu tepat untuk tak sekadar mencari ilmu, tapi juga mencari pengalaman. Banyak mahasiswa khususnya mereka yang berada di tingkat akhir, meluangkan waktunya untuk melakukan pekerjaan sampingan.

Alasannya beragam, ada yang memang sebagai kebutuhan mencari uang, atau hanya untuk mengisi waktu luang. Berikut ini penulis paparkan beberapa pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang bikin dompet kamu auto tebal.

Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa

Beberapa pekerjaan sampingan untuk anak kuliah atau mahasiswa dapat dilakukan dari rumah/ kost, ada yang tanpa modal, ada yang bisa disesuaikan minat dan hobi, dan lain sebagainya. Berikut penjelasannya:

Penulis Lepas

penerjemah

Jenis pekerjaan ini bahkan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bagi kamu yang suka merangkai kata, cobalah untuk mengirim tulisan ke media massa.

Banyak kok media yang menerima tulisan dari masyarakat. Bentuknya beragam, seperti esai, opini, bahkan karya sastra seperti puisi dan cerpen.

Jika tulisanmu dapat lolos seleksi dan diterbitkan di media massa, kamu bisa menambah uang jajan bulanan. Honornya memang beragam, tergantung dari media tempat tulisan diterbitkan.

Tetapi kisaran honor yang akan kamu dapat adalah sekitar Rp 200rb bahkan lebih sesuai dengan jenis tulisan yang kamu kirim.

Penerjemah

Bagi kamu mahasiswa jurusan sastra bahasa asing, ini adalah peluang pekerjaan sampingan yang menjanjikan. Tetapi bagi mahasiswa jurusan lain juga boleh mencobanya kok.

Dengan menjadi penerjemah, selain bisa mengisi waktu luang. Kamu juga bisa bikin dompet jadi tebal karena tarif penerjemahan bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya dimulai dari Rp 250 ribu per satuan halaman, loh.

Jadi, bagi kamu yang menguasai bahasa asing jangan lewatkan kesempatan ini. Dengan menjadi penerjemah artinya kamu juga dapat terus mengasah keahlian bahasa asing kamu.

Admin Media Sosial

Pekerjaan sampingan lainnya yang bisa kamu sebagai mahasiswa lakukan adalah menjadi admin media sosial. Pekerjaan ini bisa kamu kerjakan dimana saja.

Saat ini banyak perusahaan startup, UMKM, ataupun online shop yang membutuhkan tenaga untuk mengelola akun media sosial mereka.

Kamu tentunya sudah tak asing dengan media sosial, kamu tinggal melatih keterampilan copywriting, berwawasan luas, dan berpikir kreatif supaya ada interaksi di media sosial klien dengan audiensnya.

Driver Transportasi Online

Tak ada salahnya mencari tahu bagaimana cara daftar Gojek, atau moda transportasi online lainnya. Karena dengan menjadi driver transportasi online, kamu bisa menambah uang jajan bulanan tanpa harus mengganggu jam kuliah.

Gunakan waktu di luar jam kuliah, seperti sebelum berangkat atau sepulang dari kampus. Dengan memanfaatkan waktu yang tepat, kamu bisa bikin dompet jadi lebih tebal.

Jika kamu rajin mencari penumpang, misalnya mengambil pesanan 2-3 kali sehari dengan tarif rata-rata Rp 50 ribu saja, wah sudah lumayan, kan?

Barista

Apakah kamu termasuk mahasiswa yang suka nongkrong di coffee shop? Beberapa tahun ke belakang ini coffee shop memang sangat menjamur. Minum kopi kini menjadi gaya hidup masyarakat urban.

Kalau kamu pecinta kopi, pekerjaan sampingan menjadi barista cocok sekali. Kamu bukan hanya sekadar dapat ke coffee shop setiap hari, tapi justru menjadi orang yang meracik kopi untuk pengunjung.

Kamu bisa menjadi part time barista supaya tidak mengganggu jam kuliah. Sehingga, tidak hanya dapat ilmu di kampus. Tapi kamu juga mendapat pengalaman menjadi barista.

Banyak pekerjaan sampingan yang bisa mahasiswa lakukan, baik itu dikerjakan dari rumah maupun di luar rumah. Baik itu yang dibangun dengan modal, maupun tanpa modal. Kamu bisa memilihnya sesuai minat dan bakat.

Demikian beberapa pilihan pekerjaan sampingan untuk anak kuliah atau mahasiswa yang tidak hanya memberikan pengalaman hidup, tapi juga bisa bikin dompet kamu tebal. Apapun pekerjaannya, pilihlah yang tidak mengganggu waktu belajarmu di kampus ya!

Temukan artikel menarik lainnya dengan mengunjungi pediansa, blog yang membahas berbagai macam info teknologi, komputer dan internet.