Pengertian Desain Grafis, Tujuan, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian desain grafis adalah suatu kegiatan yang menggunakan kreatifitas untuk menghasilkan karya berupa produk visual yang bernilai estetis dan fungsional. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui jenis-jenis dan unsur-unsurnya.

Jika kamu selama ini belajar desain grafis maka sangat penting untuk tahu tentang apa pengertian dari desain grafis itu sendiri, maka untuk tahu secara lengkap silahkan baca artikel ini sampai habis.

Salah satu sumber gambar untuk menciptakan desain grafis yang keren adalah dengan download vektor secara gratis di freepik.

Oke, langsung saja simak pengertiannya berikut ini:

Pengertian Desain Grafis

pengertian desain grafis

Pengertian dibawah ini akan dibagi menjadi 2 yaitu desain dan grafis, termasuk beberapa pendapat dari pada ahli dan pengertiannya secara umum, Sebagai berikut:

1. Pengertian Desain

Desain merupakan proses kreatif yang akan menghasilkan produk bermanfaat dan terkadang belum dijumpai pada masa sebelumnya.

2. Pengertian Grafis

Grafis berasal dari bahasa Inggris “Graphic,” merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan seni rupa, di dalamnya meliputi ilustrasi, gambar, pahatan dan kaligrafi. Pada bahasa Yunani adalah “Graphikos” yang berarti menulis atau menggambar.

3. Pengertian Desain Grafis Menurut Para Ahli

Berikut merupakan pengertian desain grafis menurut para ahli:

a. Suyanto

Aplikasi dari komunikasi dan keterampilan seni yang digunakan dalam bisnis dan industri.

b. Jessica Helfand

Perpaduan kompleks antar gambar, grafik, ilustrasi, teks, foto, dan angka untuk dirangkai, sehingga  menciptakan sesuatu yang unik dan berguna.

4. Pengertian Desain Grafis Secara Umum

Ketika hendak memahami apa itu desain grafis, Anda bisa menggunakan definisinya yaitu ilmu yang cakupannya sangat luas seperti seni rupa dan melibatkan ilmu komunikasi. Dalam hal ini nirmana dan berbagai media cetak maupun non-cetak juga memiliki peran penting.

Tujuan dan Fungsi

1. Untuk Identifikasi

Desain grafis berfungsi untuk mengenalkan suatu industri atau perusahaan menggunakan logo. Dengan demikian, khalayak umum akan lebih mudah mengenali sumber informasi hanya dari logo.

2. Sebagai Instruksi

Desain grafis sebagai sarana menyampaikan informasi atau publikasi untuk menarik minat khalayak umum, agar memberikan respon sesuai tujuan yang diinginkan penyampainya.

Jenis Desain Grafis

1. Desain Identifikasi

Misalnya adalah logo, profil perusahaan, dan materi untuk promosi.

2. Desain Multimedia

Contohnya antara lain televisi, film animasi, video, dan iklan.

3. Desain Printing atau Percetakan

Desain ini diaplikasikan pada sampul buku, majalah, poster, flyer, dan lain sebagainya.

4. Desain Produk

Desain produk berkaitan dengan kemasan, yaitu tampilan luar maupun bentuknya dan merchandise yang mendukung promosi.

5. Desain Digital

Kini teknologi digital semakin berkembang. Terbukti dengan kehadiran desain grafis berbasis vektor yang populer karena semakin mempermudah pekerjaan.

Keterampilan Desain Grafis

  1. Seni Visual
  2. Tipografi
  3. Tata Letak
  4. Desain Interaksi

Pengertian desain grafis dan contohnya di atas akan membantu Anda untuk memahami lebih dalam mengenai desain grafis dan penerapannya di dalam kehidupan. Desainer grafis dituntut mampu mengoperasikan komputer grafis dan juga pandai menggambar secara manual.

Demikianlah pengertian desain grafis yang perlu kamu tahu sebagai seorang desainer grafis, untuk tahu lebih banyak tentang informasi, tutorial dan cara membuat desain grafis silahkan kunjungi dan baca artikel di blog desain grafis. Terimakasih dan semoga bermanfaat.