Pengertian Gaya dan Jenisnya

Kali ini kita akan membahas mengenai gaya, setiap manusia tentu melakukan suatu gaya bukan??

Gaya itu merupakan segala sesuatu yang menjadikan sesuatu menjadi bergerak. Nah untuk mengetahui lebih jelasnya langsung saja yuk kita lihat ulasannya sebagai berikut:

Pengertian Gaya dan Jenisnya

Gaya ini biasanya sudah dipelajari sejak sekolah menengah pertama ya, tetapi mungkin diantara kita ada yang lupa atau belum tau gt yah. Simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Gaya

Gaya merupakan semua bentuk interaksi yang bisa menyebabkan suatu benda bergerak. Namun jika gaya diartikan sebagai nilai dan arahnya maka gaya adalah suatu besaran vektor fisika karena gaya mempunyai nilai dan juga arah. Jika dilihat dari jenisnya maka gaya adalah termasuk ke dalam besaran turunan.

Adapun Pengertian Gaya Menurut Ahli:

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Gaya adalah suatu bentuk dorongan atau tarikan yang dapat menggerakkan benda yang sifatnya tidak terikat. Arti lain dari gaya juga merupakan besaran yang mempunyai besar dan arah tertentu.

Secara Umum

Gaya adalah suatu bentuk interaksi yang dapat menyebabkan benda bermassa itu menjadi bergerak baik itu arah maupun geometris.

Nah jika dilihat dari ilmu fisika, Satuan Internasional (SI) untuk gaya adalah Newton (N). Sedangkan simbolnya dalam melambangkan gaya adalah F (huruf kapital).

Jenis – Jenis Gaya

Untuk jenis gaya sendiri dikelompokkan menjadi 2 bagian yakni berdasarkan cara kerjanya dan penyebabnya. Berikut penjelasannya:

1. Jenis Gaya Berdasarkan Cara Kerjanya

Ada dua jenis yakni:

a. Gaya Sentuh

Gaya sentuh adalah gaya yang terjadi pada benda, ketika benda tersebut bersentuhan secara langsung dengan sumber daya. Namun tidak ada gaya jika tidak terjadi sebuah sentuhan.

Yang termasuk ke dalam gaya sentuh adalah gaya otot, gaya pegas, dan juga gaya gesek.

b. Gaya Tak Sentuh

Gaya tak sentuh merupakan gaya yang terjadi pada suatu benda dengan tanpa bersentuhan secara langsung. Nah jadi jenis gaya ini tidak perlu adanya sentuhan dulu baru bergerak, tapi memang tanpa disentuh pun dia sudah bergerak.

Adapun yang termasuk ke dalam gaya jenis ini adalah gaya gravitasi, gaya magnet dan juga gaya listrik.

Sumber Lengkap: https://www.pendidik.co.id/

2. Jenis Gaya Berdasarkan Penyebabnya

Nah untuk jenis gaya berdasarkan penyebabnya ini terdiri dari 6 diantaranya:

  • gaya gesek
  • gaya pegas
  • gaya otot
  • gaya gravitasi
  • gaya listrik
  • gaya magnet.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Pengertian Gaya dan Jenisnya. Semoga manfaat. Terimakasih ­čÖé