Pengertian Komunikasi Bisnis Lengkap dengan Bentuk dan Contohnya

Komunikasi adalah unsur penting dalam sebuah keberhasilan bisnis apapun. Proses mentransfer informasi dari satu orang ke orang lain, di dalam dan di luar lingkungan bisnis, disebut sebagai 'Komunikasi Bisnis.' Pengertian komunikasi bisnis sendiri ada bermacam-macam menurut ahlinya.

Namun yang jelas, komunikasi bisnis yang bagus adalah cara karyawan dan manajemen perusahaan untuk saling berkomunikasi agar visi dan misi perusahaan bisa tercapai. Lalu seperti apakah pengertian komunikasi bisnis dan apa saja unsur – unsur yang ada didalamnya?

Berbicara soal bisnis dan komunikasi, bagi kamu yang ingin memiliki bisnis sendiri dengan biaya dan modal minim bisa coba baca artikel peluang usaha modal 5 juta.

pengertian komunikasi bisnis

Pengertian Komunikasi Bisnis

1. Secara Umum

Istilah 'Komunikasi Bisnis' berasal dari komunikasi umum yang terkait dengan kegiatan bisnis. Dalam istilah lain, komunikasi antara pihak bisnis atau orang untuk tugas terkait bisnis dianggap sebagai 'Komunikasi Bisnis.'

Komunikasi bisnis atau dalam Bahasa Inggris disebut business communication mencakup berbagai aspek seperti pemasaran, hubungan masyarakat, hubungan pelanggan, komunikasi perusahaan dan interpersonal, dll.

2. Menurut Para Ahli

  • Menurut Ricks dan Gow, pengertian komunikasi bisnis adalah suatu sistem yang bertanggung jawab untuk mempengaruhi perubahan di seluruh organisasi.
  • Menurut William Himstreet, komunikasi bisnis bertukar pandangan, ide, dan berita yang terkait dengan bisnis dalam pihak-pihak terkait
  • J. Haste menyatakan bahwa ketika komunikasi terjadi antara dua atau lebih dari dua pelaku bisnis untuk tujuan organisasi dan administrasi bisnis yang efektif maka itu dianggap sebagai Komunikasi Bisnis.

Tujuan dari komunikasi bisnis adalah untuk meningkatkan efisiensi perusahaan dengan mengurangi kesalahan. Komunikasi bisnis mencakup berbagai aspek seperti pemasaran, hubungan masyarakat, hubungan pelanggan, komunikasi perusahaan dan interpersonal, dll

Unsur-unsur Komunikasi Bisnis

Unsur-unsur komunikasi bisnis :

a. Melibatkan Dua Pihak atau Lebih

Komunikasi bisnis harus melibatkan setidaknya dua pihak. Satu pihak bertindak sebagai pengirim pesan dan pihak lain adalah penerima pesan itu.

b. Terdapat Pesan yang Ingin Disampaikan

Unsur selanjutnya adalah pesan atau informasi yang ingin dikomunikasikan pengirim. Pesan dapat berbentuk keinginan, sikap, ide, fakta, informasi atau hal lain yang dapat dipahami.

c. Informasi Terkait Bisnis

Informasi yang dikirim pengirim harus terkait dengan bisnis. Demikian pula feedback dari penerima juga harus berbasis bisnis.

d. Media atau Saluran

Saluran adalah cara mentransmisikan pesan dari pengirim ke penerima. Media komunikasi bisa verbal dan nonverbal. Media verbal dapat dari lisan dan tulisan.  Non-verbal meliputi percakapan telepon, faks, surat kabar, buku, jurnal pdf, bahasa tubuh, ekspresi wajah, dll. Verbal dan non verbal juga menjadi model komunikasi bisnis menurut menurut Bovee Thill

c. Feedback

Unsur terakhir dari komunikasi adalah feedback, respons atau reaksi dari penerima sehubungan dengan pesan pengirim. Feedback menjelaskan bagaimana pesan ditafsirkan oleh penerima dan dianggap sebagai instrumen untuk mengevaluasi keberhasilan proses komunikasi.

Demikianlah pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli maupun secara umum beserta unsur yang ada dalam komunikasi bisnis, semoga bermanfaat.