Peranan Sumber Daya Alam Dalam Pembangunan Ekonomi

Biasanya untuk membangun ekonomi di negara kita perlu untuk mengandalkan aspek sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada. Karena Sumber daya alam atau manusia juga sangat berpengaruh penting dalam menentukan keberhasilan suatu pembangunan ekonomi.

Sejarah juga mengatakan bahwa hal yang bisa memakmurkan ataupun mensejahterakan masyarakat adalah dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada dengan semaksimal mungkin guna untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri.

Sumber daya alam itu apa sih? Sumber daya alam merupakan semua kekayaan alam yang ada di bumi ini yang bisa dimanfaatkan oleh hewan maupun manusia guna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari – hari.

Sumber daya alam dalam membangun ekonomi

Sedangkan pembangunan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan suatu negara untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat maupun mengembangkan kegiatan ekonomi.

Tetapi kali ini saya akan menjelaskan mengenai peranan sumber daya alam dalam pembangunan ekonomi. Selain itu kami juga menjelaskan beberapa topik tentang hutan, alam dan lainnya dengan mengunjungi website alam alami.

Peranan Sumber Daya Alam Dalam Pembangunan Ekonomi

Sudah kita ketahui bersama bahwa sumber daya alam merupakan salah satu faktor penting untuk pembangunan ekonomi dalam suatu negara, Karena sumber daya alam merupakan faktor utama produksi untuk pembangunan ekonomi.

Yang nantinya akan diolah oleh manusia itu sendiri sehingga menghasilkan suatu barang yang bernilai tinggi kemudian dijual dan tentunya hal tersebut akan membuat meningkatnya taraf hidup masyarakat.

Namun disisi lain hal tersebut juga memiliki dampak yang negatif. Karena jika kita mengambil kekayaan alam secara terus menerus tanpa memperhatikan lingkungan sekitar dan ekosistem yang ada maka akan menimbulkan kerusakan alam.

Contoh dari pemanfaatan ini adalah terjadinya polusi. Sumber-sumber abiotik seperti plastik dan batu bara akan menimbulkan efek-efek seperti polusi tanah dan udara. yang tentunya dapat membuat kita terserang berbagai penyakit jika kita menghirup udara yang kotor.

Sama halnya yang terjadi di sidoarjo. Pengeboran minyak yang bermaksud untuk menambah pertumbuhan ekonom di wilayah tersebut. Akan tetapi yang dilakukan adalah melampaui batas maka menyebabkan terjadinya semburan lumpur lapindo yang membuat ribuan warga kehilangan tempat tinggal mereka dan lahannya.

Maka dari itu kita harus selalu bijak untuk mengambil sumber daya alam sesuai dengan kebutuhan kita dan jangan diambil secara terus menerus maupun berlebihan sehingga tidak merusak lingkungan dan ekosistem. Sehingga generasi yang akan datang juga bisa memanfaatkan kekayaan alam tersebut.

Maka dari itu kita perlu mempunyai  AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) dan RUTR (Rencana Umum Tata Ruang)  demi terbentuknya pembangunan yang berwawasan ramah lingkungan,

Dengan kita mempunyai RUTR dan AMDAL maka proyek yang akan kita bangun menghasilkan produksi yang positif dan juga ramah lingkungan. Kita juga dapat menganalisa dampak lingkungan yang disebabkan oleh proyek yang akan kita bangung sehingga dapat mengurangi resiko rusaknya ekosistem dan lingkungan sekitar.

Nah itu dia penjelasan singkat dari saya mengenai peranan sumber daya alam dalam pembangunan ekonomi. Jika ada salah kata maupun ketikan mohon dimaafkan dan semoga artikel yang kami buat ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu.