Sewa Kipas Blower Embun atau Air Cooler? Begini Perbedaan Keduanya!

Cuaca yang panas dan terik, menjadikan suhu udara pun jadi lebih panas juga. pada kondisi ini, masyarakat sering memilih untuk menggunakan beberapa alat yang bisa mendinginkan suhu. Terlebih ketika di ruangan, jika suhunya panas tentu akan sangat pengap dan membuat penghuninya tidak nyaman. Ketika hal tersebut terjadi, Anda bisa sewa kipas blower jika memang tidak memiliki alatnya sendiri.

Seperti yang diketahui, banyak sekali jenis alat pendingin suhu udara yang bisa kita temukan di pasaran. Dari mulai AC, kipas angin, hingga air cooler dan sebagainya. Semuanya mempunyai fungsi yang sama. Namun, bagaimana jika kebutuhan alat tersebut untuk digunakan di luar ruangan yang cakupannya lebih luas? Jenis alat pendingin suhu mana yang lebih baik dipilih?

Dari sebagian banyak jenis alat pendingin suhu, kebanyakan masyarakat seringkali menggunakan air cooler dan juga kipas blower air untuk menyejukkan udara sekitar ketika mengadakan acara outdoor. Dari dua jenis alat tersebut, banyak orang yang salah mengartikan atau bahkan menganggapnya sama. Padahal jelas sekali perbedaannya. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang perbedaan keduanya dan mana yang lebih cocok digunakan di luar ruangan.

Kipas Blower Air

Bagi orang yang sering sewa kipas blower air, pastinya akan tidak asing dengan alat tersebut. Dari segi bentuk dan tampilan, tidak jauh berbeda dengan kipas angin pada umumnya. Hanya, dari segi fitur dan cara kerja jelas berbeda. Dibanding kipas angin biasanya, kipas blower air punya tekanan dan kecepatan  yang lebih tinggi. Sehingga lebih cepat menurunkan suhu panas.

Selain itu, terdapat juga fitur cipratan uap air yang mana bisa membantu menjaga kelembaban udara sehingga suhu panas tergantikan dengan suhu yang lebih adem. Kipas blower ini bekerja untuk mendinginkan udara di sekitar dengan tiupan angin beserta cipratan airnya jadi  perpindahan suhu lebih cepat. Anda bisa menambahkan essential oil, pengharum ruangan, hingga obat pengusir nyamuk pada beberapa pilihan produknya.

Air Cooler

Jika dilihat dari segi tampilan, maka air cooler akan terlihat sangat berbeda. Bahkan bentuknya tidak seperti kipas angin kebanyakan. Di mana air cooler memiliki bentuk seperti tabung. Di dalamnya terdapat wadah untuk air dan bagian atas, terdapat lubang vertikal untuk menghembuskan angin. Sama seperti ketika Anda sewa kipas blower, dimana akan ada cipratan air yang keluar bersamaan dengan angin yang dihembuskan.

Air cooler ini pun memiliki fungsi yang sama, yakni untuk menyejukkan dan menjaga kelembaban udara di sekitar. Terlebih ada fitur ice pack yang berfungsi dalam memaksimalkan hembusan angin jadi lebih dingin.

Kipas Blower Air vs Air Cooler, Mana yan Lebih Efektif?

Meskipun dari segi fungsi sama di mana keduanya mampu mengubah suhu panas jadi lebih dingin ketika acara outdoor, namun ada beberapa perbedaan di antara keduanya yang bisa jadi pertimbangan. Apa sajakah itu?

  1. Meskipun sama-sama memiliki fungsi efektif, namun air cooler dinilai punya tingkat penurunan suhu lebih tinggi dibandingkan kipas blower
  2. Baik air cooler maupun kipas blower punya fitur dan kelebihannya masing-masing. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan
  3. Dari segi harga, tentu kipas blower punya harga yang lebih mahal dibanding air cooler. Namun jika Anda memilih sewa kipas blower, itu tidak masalah dan tentu lebih murah
  4. Daya listrik yang digunakan dari kedua alat ini cukup berbeda. Namun, dari keduanya lebih hemat listrik kipas blower dibandingkan air cooler

Dari beberapa ulasan tersebut, tentunya Anda sudah mengetahui bagaimana perbedaan keduanya. Pada dasarnya, baik sewa kipas blower maupun air cooler punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan begitu, ketika Anda membutuhkan alat pendingin untuk outdoor, tergantung dari pilihan Anda sendiri.