Solusi Mudah Mengatasi SD Card Tidak Bisa di Format

Kartu memori berjenis SD Card seperti MicroSD adalah pilihan tepat ketika pengguna ingin meningkatkan daya tampung memori di ponsel. Kapasitas yang ditawarkan bervariasi, namun yang paling banyak dicari mulai 16GB, 32GB, dan 128GB. Konsumen dapat menentukan sendiri berapa kapasitas yang sesuai keperluan. Namun semakin besar kapasitas SD Card maka pengguna ponsel dapat menampung lebih banyak file dalam bentuk foto, video, musik maupun data penting.

SD Card merupakan singkatan dari Secure Digital Card yang bila diterjemahkan kurang lebih artinya adalah kartu digital aman. Mengapa dinamakan secure atau aman. Itu karena jenis memori ini sudah mengusung teknologi Content Protection for Recordable Media (CPRM). CPRM berguna dalam mencegah pembajakan dan tersedianya fitur Write-Protect tab yang bisa mencegah penghapusan isi memori secara tak disengaja. SD Card adalah memory Card flash ultra kecil yang dibuat demi menawarkan penyimpanan berukuran besar dengan dimensi kecil. Kartu memori SD dapat dikelompokkan sesuai dua syarat, meliputi ukuran dan kapasitas. Perbedaan signifikan antara SD Card, MiniSD dan MicroSD Card yaitu sesuai ukurannya. Bila dikategorikan sesuai ukuran, memori SD dibedakan sebagai SD card, MiniSD card, dan MicroSD card.

SD Card di ponsel yang biasanya berjenis MicroSD pun terkadang bermasalah. Diantaranya sd card tidak bisa di format. Ketika ingin menghapus data-data di SD Card karena sudah tidak diperlukan lagi, langkah yang harus dilakukan adalah memformatnya. Namun adakalanya kartu tersebut error yang membuatnya tak dapat diformat dari menu pengaturan Hape. Bila itu yang terjadi, Anda tak usah risau, artikel berikut ini akan menjelaskan solusi menangani sd card tidak bisa di format.

Ada berbagai sebab yang mengakibatkan kartu microSD error misalnya terkena virus, kerap mencopotnya tanpa proses eject lebih dulu, terpapar debu atau minyak, terkena medan magnet dan sebab-sebab lain. Kerusakan yang muncul dapat mengakibatkan bad sector di kartu sehingga pengguna tak dapat melakukan konfigurasi seperti rename folder, menambahkan file ataupun menghapus. Bila sudah demikian kondisinya maka SD Card pun tak dapat digunakan.

sd card tidak bisa diformat

Format SD Card dari Komputer

Bila pengguna tak dapat menjalankan format kartu memori dari menu ponsel, cara pertama tersebut dapat sebagai jalan keluar membersihkan seluruh data yang tersimpan di kartu. Untuk cara ini dibutuhkan Card Reader serta laptop atau PC. Pertama tempatkan kartu microSD di Card Reader, lalu colokkan ke port USB komputer. Tunggu sebentar hingga kartu memori tadi terbaca di komputer.

Bila memakai komputer Windows 10, masuk ke menu Start kemudian ketik di kotak search File Explorer. Atau dapat pula menekan tombol Windows + E di menu Desktop. Temukan Drive kartu memori, bila tadinya sudah diberikan nama, otomatis akan ditampilkan nama kartu memori tersebut contohnya kartu memori dinamai Fileku otomatis akan keluar nama Fileku. Klik kanan di Drive itu, kemudian klik pada pilihan Format. Selanjutnya akan keluar jendela kecil, untuk pilihan File System akan tersedia tiga tipe format terdiri dari FAT, FAT32 dan NTFS. Untuk kartu SD Card, pilih jenis FAT32. Tahap terakhir tekan tombol Start, dan nantikan beberapa saat hingga proses format tuntas.

Format SD Card dari menu CMD (Windows Command Prompt) di Komputer

Bilamana metode di atas tak berhasil dimana data di dalam kartu microSD belum juga bersih, gunakan cara yang di share oleh situs peaksfrozenyogurt.com ini yaitu format dari menu Command Prompt (CMD). Pertama, tekan tombol Windows + R di keyboard secara serentak dan kemudian dalam kolom Run, ketikkan CMD selanjutnya tekan Enter. Sesudah itu akan ditampilkan jendela CMD di layar Desktop komputer. Selanjutnya pada baris perintah atau line command, ketikkan FORMAT G:/ FS:FAT32. Huruf G harus diganti sesuai dengan letak Drive microSD yang ditampilkan di komputer. Berikutnya tekan tombol Enter untuk memulai proses formatting. Biarkan sampai prosesnya tuntas.

Format dengan SD Formatter

Bagi mereka yang tak mau ribet, pilihan menangani kartu sd card tidak bisa di format adalah memanfaatkan software tertentu. Kita memerlukan program SD Formatter yang dapat didownload gratis dari situs resminya. Pasang program SD Formatter di komputer. Langkah selanjutnya colokkan kartu microSD ke komputer dengan bantuan Card Reader. Jalankan software SD Formatter, di menu Drive tentukan dimana Drive kartu MicroSD berada misalnya :  D:/. Proses berikutnya tekan tombol Format. Biarkan prosesnya sampai selesai.

Kini Anda paham bagaimana cara menangani sd card tidak bisa di format agar bisa diformat. Bila tetap tidak dapat diformat maka kondisi kartu memori itu harus dicek masih bagus atau sebaliknya. Debu dan kotoran yang melekat di konektor harus dibersihkan lebih dulu memanfaatkan kain lembut yang sebelumnya ditetesi sedikit alkohol atau disemprot parfum. Setelah itu baru dicoba kembali dilakukan pemformatan, semoga berhasil!