Tips Cara Mengatasi Siswa yang Kerap Membolos Ekstrakurikuler Wajib

Ekstrakurikuler wajib merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa-siswa di sekolahan. Kegiatan ini harus dilakukan oleh para siswa, sanksi yang akan diperoleh jika membolos maka bisa menyebabkan tidak naik kelas.

Bagi guru Pembina ekstra tersebut maka harus bisa membuat para siswa disiplin dalam mengikuti kegiatan wajib sekolahan. Salah satu ekstra wajib yang sering dijumpai adalah pramuka, biasanya diwajibkan untuk para siswa yang masih kelas 7, sedangkan bagi kelas 8 dan 9 sudah tidak wajib lagi.

Tindak Setiap Ada Siswa yang Membolos

Kegiatan ekstra kurikuler wajib memiliki peluang untuk diremehkan oleh para siswa. Pemikiran siswa-siswi biasanya menganggap bahwa kegiatan ekstra ini tidak penting sehingga menyepelekannya. Biasanya mereka yang mempunyai anggapan seperti itu akan membolos waktu ekskul tersebut dilaksanakan.

Bagi guru Pembina ekskul tersebut maka sebaiknya langsung menindak para siswa yang membolos tersebut dengan segera. Misalnya ekskul wajib tersebut dilaksanakan setiap hari sabtu, maka yang harus dilakukan oleh guru Pembinanya adalah langsung memberikan sanksi pada hari seninnya.  

Kesibukan guru pengajar ekskul tersebut kadang membuatnya tidak bisa segera memberikan sanksi pada hari senin. Hal yang harus dilakukan adalah segera memberikan sanksi di lain hari sebelum hari sabtu. Pemberian sanksi jangan sampai pada hari sabtu yang ekskulnya sudah dijalankan lagi. Hal tersebut harus dilakukan dengan disiplin agar siswa tidak meremehkan aturan ekskul wajib tersebut.

Pantau dan Pastikan Kegiatan Berjalan Dengan Tertib

Hal lain yang harus dilakukan selain memberikan sanksi bagi siswa yang membolos ekstrakurikuler wajib adalah membuat kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tertib. Siswa yang mulai meremehkan kegiatan pembelajaran maka akan menjadikan mereka memiliki keinginan untuk membuat.

Hal ini harus segera diantisipasi oleh para guru. Siswa yang terbiasa didisiplinkan dalam menjalankan ekskul wajib inin maka mereka akan terbiasa tertib. Hal ini akan menjadikan mereka tidak memiliki kecenderungan untuk kabur atau membolos ekskul wajib ini.

 


Selain mengurusi masalah ekstrakurikuler tersebut, para guru masih harus mencari supplier atau tempat penyedia atk untuk kebutuhan sekolah, kami ingin memberi rekomendasi penyedia atk seperti seragam sekolah, map raport, dll. Anda bisa dapatkan di Pusat Percetakan Online

Demikianlah pembahasan kami kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi anda para pembaca sekalian..