3 Kelengkeng yang Dapat Tumbuh di Indonesia

Kelengkeng atau lengkeng merupakan tanaman buah yang banyak tumbuh di daerah kawasan Asia Tenggara, termasuk juga Indonesia. Saat ini sangat mudah untuk menemukan tempat budidaya atau perkebunan kelengkeng. Hal ini karena peminat kelengkeng semakin banyak ditambah lagi jenis-jenisnya juga beragam. Berbagai macam jenis kelengkeng dapat tumbuh di Indonesia mulai dari kelengkeng lokal hingga yang berasal dari luar negeri.

Jika anda merupakan pecinta buah kelengkeng akan kami berikan ulasan mengenai beberapa jenis kelengkeng yang dapat tumbuh dan berbuah dengan baik di indonesia. Serta terbukti memiliki rasa buah yang manis dan berdaging buah tebal.

1.    Kelengkeng Puang Phet

Kelengkeng puangphet merupakan kelengkeng yang berasal dari Thailand dan merupakan salah satu dari jenis kelengkeng puang. Walaupun tanaman ini tanaman impor, saat ini mudah untuk menemukan orang jual bibit kelengkeng puangphet, anda juga bisa mendapatkannya di toko-toko pertanian terdekat.

Kelengkeng puangphet terkenal karena memiliki rasa buah yang sangat manis dan juga bertekstur renyah. Tekstur renyah dari buah kelengkeng puangphet dapat dirasakan karena daging buah kelengkeng ini hanya memiliki sedikit kandungan air. Bahkan jika anda coba untuk mengupas kulit buah kelengkeng ini, tidak akan ada air sedikitpun yang menetes dari buahnya. Hal inilah yang membuat kelengkeng puangphet disukai oleh banyak orang. Dapatkan bibit kelengkeng Thailand ini di tempat jual bibit kelengkeng puangphet sekitar tempat tinggal anda.

2.    Kelengkeng New Kristal

Kelengkeng new kristal merupakan buah kelengkeng unggulan yang berhasil dikembangkan untuk menutupi kekurangan kelengkeng pendahulunya yaitu kelengkeng kristalin. Daging buah kelengkeng new kristal terkenal tebal dan berwarna bening serta kering tidak seperti kelengkeng kristalin. Rasa buah kelengkeng new kristal juga sangat manis sehingga banyak orang yang menyukai buah kelengkeng yang satu ini.

Baca Juga : Pusat Bibit Kelengkeng Unggul

Kelengkeng new kristal memiliki ukuran buah yang sangat besar selain itu dompolan buah kelengkeng yang satu ini juga terkenal karena dapat mencapai bobot hingga 3kg. dengan bobot segitu banyak orang yang mencari buah kelengkeng yang satu ini.

3.    Kelengkeng Merah

Kelengkeng yang satu ini sangat unik dan menarik, jika biasanya buah kelengkeng memiliki kulit berwarna cokelat, berbeda dengan kelengkeng yang satu ini. Karena kulit buah dari kelengkeng ruby longan ini adalah merah eksotis. Bukan hanya kulit buahnya tetapi batang dan daun kelengkeng ini juga memiliki warna merah yang menarik perhatian.

Kelengkeng merah bukanlah hasil dari persilangan varietas buah kelengkeng melainkan karena terjadi mutasi gen pada pohonnya. Itulah yang menyebabkan warna pohon kelengkeng yang satu ini berbeda. Namun walaupun memiliki warna merah yang menarik anda tidak perlu merasa khawatir. Karena daging buah kelengkeng yang satu ini memiliki rasa yang sangat manis dan buah yang tebal serta bertekstur renyah, sama seperti kelengkeng unggulan yang lain.

Kelengkeng ruby longan juga biasa dijadikan sebagai tanaman hias yang ditaruh di halaman rumah. Karena warna pohonnya yang menarik untuk dipandangi.

Demikian ulasan kami mengenai 3 jenis buah kelengkeng yang dapat tumbuh dan berbuah saat ditanam di wilayah Indonesia. jika anda tertarik untuk membudidayakan buah kelengkeng tersebut segera dapatkan bibitnya di toko pertanian terdekat.