5 Tips Sukses Menjadi Broker Properti di Saat Krisis

Masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini membuat perekonomian di Indonesia maupun dunia menjadi lumpuh. Bidang properti termasuk yang mengalami dampak yang besar. Banyak pengembang perumahan konvensional maupun perumahan syariah, mengalami penurunan penjualan. Selain itu yang terkena dampak adalah para broker properti yang saat ini sulit mendapatkan klien. Namun, dengan adanya tips sukses menjadi broker properti di saat krisis kali ini, diharapkan akan kembali bangkit.

 

Tips Sukses Menjadi Broker Properti di Saat Krisis

Tips Sukses Menjadi Broker Properti

Lalu, apa tipsnya agar bisa jadi broker sukses di masa pandemi seperti ini? Lihat penjelasannya di bawah ini:

1. Gunakan Portal Properti untuk Jangkauan yang Lebih Luas

Pertama dan yang paling utama saat ini adalah gunakan portal properti. Apa sih portal properti itu? Portal properti adalah salah satu tempat layaknya e-commerce tetapi bergerak di bidang properti. Bisa dikatakan bahwa ini adalah platform jual beli rumah online.

Nah, sekarang apa alasan menggunakan portal properti ini sebagai tips sukses para broker? Mungkin, saat kamu bekerja secara offline akan terbatas pada ruang dan waktu. Ya, kamu hanya akan mencari klien yang ada di sekitar.

Namun, kamu harus sadar bahwa saat ini manusia sudah bisa mendapatkan apa saja hanya dengan online. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu menggunakan portal properti untuk memaksimalkan penjualan. Klien mungkin bisa berasal dari luar daerah bahkan luar pulau.

Selain menggunakan portal properti, untuk memasarkan properti Anda, Anda bisa berpromosi di media sosial seperti facebook organik atau berbayar, IG dan media lainnya. Anda juga bisa membuat website pribadi untuk menjual properti Anda. Salah satu website properti adalah perumahan syariah murah.

2. Gunakan Promosi yang Menarik dan Kreatif

Yang kedua adalah, gunakan sistem promosi yang menarik dan juga kreatif. Sebagai broker properti kamu tak boleh sembarangan dalam melakukan promosi. Sebab, di zaman sekarang banyak alat canggih dan masyarakat pun banyak yang  menggunakannya.

Oleh karena itu, jangan mau kalah dengan kemajuan teknologi. Kamu harus menggunakannya untuk membuat promosi menarik dan kreatif. Caranya? kamu bisa menggunakan foto dengan pencahayaan dan kontras sempurna, bisa juga menampilkan foto seakan-akan mengajak pemirsa melakukan home tour  ke show unit tanpa harus ke sana langsung.

3. Jangan Malu, Bergabunglah dengan Asosiasi Broker

Untuk menjadi broker yang andal diperlukan pengalaman yang sangat luas. Namun, untuk mendapatkan pengalaman kamu bisa merasakan sendiri atau bisa juga belajar dari orang lain. Oleh karena itu, jangan malu untuk bergabung dengan asosiasi broker agar kamu bisa saling berbagi pengalaman sesama seorang broker dan kejam.

Kebanyakan broker yang masih muda atau awalan masih belum berani dan masih kurang pengalaman dalam menawarkan properti. Oleh karena itu penting sekali untuk kamu yang ingin belajar untuk masuk ke Asosiasi Broker agar semakin banyak ilmu yang dipelajari.

4. Cobalah Merangkap Menjadi Seorang Konsultan Properti

Selanjutnya, coba deh merangkap menjadi seorang konsultan properti. Ya, artinya kamu tak hanya menjual rumah saja melainkan juga bisa memberikan solusi terbaik bagi seseorang yang membutuhkan investasi.

Untuk bagaimana cara menjadi konsultan yang naik, kamu sendiri pasti tahu karena telah berkecimpung di dalam bisnis ini sebelumnya. Intinya, kamu harus mendengarkan keluh kesah klien, mengidentifikasi apa yang diinginkan klien, mengkaji bagaimana keadaan keuangan klien. hingga nanti kamulah yang akan membeli solusi dengan menyelipkan promosi properti yang kamu jual.

5. Jangan Lakukan Pekerjaan Ini Sebagai Sambilan

Di masa sulit seperti ini, kamu harus melakukan pekerjaan dengan fokus. Artinya jika kamu ingin mendalami dunia properti ya jadilah seorang broker yang benar. Jangan hanya ingin menggunakannya sebagai sambilan saja.

Percaya atau tidak, jika suatu pekerjaan itu kamu gunakan untuk sambilan maka jangan heran jika kamu tak lebih sukses dari lainnya. Jika memang ingin fokus jadi broker properti yang sukses maka fokuslah di sini.

Namun, jika kamu ingin bekerja yang lain atau tertarik dengan pekerjaan yang sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan ini, sebaiknya gunakan yang lain untuk sambilan atau tidak sama sekali.

 

Itu dia beberapa tips sukses menjadi broker properti di saat krisis khususnya di masa pandemi seperti ini. Dengan tips di atas, diharapkan kamu bisa tetap sukses walaupun keadaan masih cukup berat untuk bangkit kembali. Mari kita sama-sama berdoa agar pandemi segera berakhir dan perekonomian juga cepat pulih kembali.