Arti Follow dan Follback dalam Instagram

Perusahaan kadang menamakan produk dan fitur dengan nama yang unik, sebut saja misalnya iPhone yang sebenarnya adalah perangkat seluler atau yang dikenal dengan nama smartphone. iPhone adalah sebuah perangkat dengan merek Apple. Meskipun aneh, namun strategi pemasaran ini terbukti efektif yang membuat diferensiasi produk Apple dengan smartphone pada umumnya hanya karena penamaan iPhone sebagai ganti dari nama smartphone dan meyakinkan bahwa iPhone bukanlah sekedar smartphone.

Dalam sosial media juga hal yang sama juga terjadi. Sebut saja Twitter yang menggunakan istilah twitt yang berarti memposting baik itu berupa komentar atau posting pada akun. Istilah ini diciptakan untuk membuat pengalaman pengguna menjadi lebih personal terhadap sosial media tersebut, membedakan sosial media tersebut dengan sosial media lain dan memberikan kesan unik pada sosial media tersebut.

Istilah-istilah ini terkadang membuat bingung sejumlah pengguna baru yang baru mengenal sosial media. Misalnya instagram yang memiliki fitur apa yang disebut dengan follow atau ikuti. Sederhananya, follow atau ikuti mirip dengan subscribe pada sosial media YouTube, follow pada sosial media Twitter, ikuti atau follow pada halaman sosial media Facebook, dan ribuan sosial media media lainnya juga mempunyainya hanya penamaan yang mungkin berbeda.

Fungsi tombol tersebut adalah agar konten yang ia posting dapat muncul pada halaman utama atau halaman beranda kita. Sehingga jika kita ingin melihat konten seseorang, kita tidak perlu mencarinya di pencarian, tetapi hanya perlu memfollownya saja dan jika mereka memposting konten entah itu foto atau video maka akan muncul di halaman beranda anda.

Baik, sekarang anda sudah jauh lebih memahami tentang follow atau ikuti bukan. Namun ada istilah lainnya yang kerap digunakan yaitu follback. Lalu apa arti istilah follback dalam instagram itu? Biasanya seseorang yang telah memfollow atau mengikuti kita akan meminta follback. Lalu apa sebenarnya follback itu?

Sederhananya follback adalah follow back atau ikuti kembali. Tujuan orang yang meminta follback adalah agar ia memiliki followers atau pengikut yang banyak entah untuk kepentingan bisnis, kepuasan pribadi atau untuk meningkatkan status.