Bingung Memilih Kemasan Makanan Terbaik? 

Kemasan makanan sudah banyak digunakan para pengusaha kuliner. Dengan adanya packaging, akan mampu menarik perhatian dari konsumen sehingga mempengaruhi nilai jual dari produk tersebut. Manfaatnya tidak hanya untuk usaha tersebut namun juga untuk melindungi makanan tersebut. Kemasan makanan akan membuat makanan tidak mudah rusak, tidak terkena debu dan tetap higienis.

Dalam mengembangkan usaha kuliner, anda harus mampu memilih kemasan yang cocok untuk jenis produk tersebut. Setiap packaging memiliki kelebihan masing-masing sehingga hal-hal yang tidak diinginkan, dapat diminimalisir. Oleh sebab itu, ada baiknya ketahuilah beberapa macam dari jenis kemasan di bawah ini.

Vakum bag 

Jika anda ingin menjual makanan seperti ikan, daging, seafood dan lainnya. Jenis kemasan yang cocok adalah vakum bag. Kelebihannya dapat meningkatkan keawetan dari makanan. Vakum bagi dibuat dari bahan Nylon sehingga udara tidak mudah masuk ke dalam kemasan. Selain itu, proses vakum juga langsung mencegah terjadinya proses oksidasi dikarenakan semua udara dikeluarkan. Hal ini menyebabkan bakteri dan kuman tidak akan masuk dan membuat produk rusak atau lebih cepat basi. 

Standing pouch 

Jenis kemasan makanan standing pouch biasanya diperuntukkan untuk snack, atau kopi. Kelebihannya lebih kekinian dan juga isi dalam kemasan tidak mudah tumpah. Paling penting, terdapat berbagai variasi bentuk dan jenis. Jadi, sebaiknya sesuaikan dengan produk yang dijual. 

Food pail

Jenis packaging lainnya adalah food pail. Kemasan makanan ini berbentuk seperti mangkuk dan paling banyak digunakan. Bagi anda pebisnis kuliner, anda bisa memilih food pail sebagai alternatif kemasan kekinian untuk usaha. Makanan yang dimanfaatkan untuk kemasan ini adalah makanan siap konsumsi. 

Gable Box 

Roti juga memiliki kemasan tersendiri seperti gable box. Namun, gable box dapat digunakan dengan jumlah roti yang lebih banyak. Di samping itu, kemasan ini akan lebih menarik perhatian dan memudahkan konsumen juga ketika membawa makanannya. Bentuknya terlihat seperti keranjang. 

Lunch box 

Jenis packaging lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai untuk membungkus makanan. Kemasan ini dapat menampung beberapa lauk misalnya nasi kuning dengan beberapa lauk. Kemasan lunch box memiliki pembatas atau skak untuk menempatkan dan memisahkan antar makanan di kemasan tersebut. Lunch box sangat aman digunakan pelanggan yang memesan untuk dibawa pulang. Anda juga dapat mencari desain box dengan menempatkan logo usaha atau lainnya. 

Snack box 

Pilihan lain sebagai tempat makanan adalah snack box. Kemasan snack box sering dijumpai di acara-acara seminar, pengajian dan lainnya. Isi di dalamnya juga dapat muat lebih dari satu jenis makanan seperti jajanan tradisional, roti, kue dan makanan ringan lainnya. 

Paper bowl 

Kemasan tidak hanya diperuntukkan untuk makanan yang disimpan lama, makanan kering atau tanpa kuah. Bagi anda yang memiliki usaha makanan tanpa kuah atau berkuah dapat memilih paper bowl. Kemasan ini mirip mangkuk kertas. Pemilihan desain dan warna juga penting untuk paper bowl.

 

Jenis kemasan di atas akan cocok untuk bisnis kuliner anda. Dalam memilih kemasan, perhatikan bahan dan juga jenis produk makanan yang dijual. Tidak hanya itu, desain kemasan mampu menarik perhatian dari konsumen.