Cara Membuat Ketan Durian Lumer dengan Durian Musang King

Druian merupakan tanaman buah yang disukai oleh banyak orang, buah yang memiliki penampakan berduri ini memiliki rasa dan aroma yang sangat kuat. Bagi pencinta buah durian justru aroma seperti itulah yang dicari dalam memilih buah durian terbaik. Banyak sekali jenis durian yang dapat tumbuh dan berbuah di Indonesia salah satunya adalah bibit durian musang king.

Bagi anda yang belum tahu durian musang king merupakan buah durian unggul yang berasal dari negeri jiran Malaysia. Buahnya memiliki rasa yang manis dan juga ada sensasi sedikit pahit, justru karena rasa pahit inilah buah durian musang king dicari dan diburu oleh para penikmat durian.

Bukan hanya rasa buahnya, daging buah durian musang king juga sangat tebal dengan warna kuning kunyit yang menarik. Banyak orang yang menikmati buah ini secara langsung maupun diolah menjadi berbagai macam olahan makanan. Salah satu olahan buah durian yang cukup mudah untuk dibuat adalah ketan durian lumer. Bagi anda yang penasaran dengan cara pembuatan makanana yang satu ini. Kami akan membagikan resep cara pembuatannya untuk anda.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Tidak sulit untuk menemukan bahan-bahan untuk membuat ketan durian lumer ini. Anda bisa mendapatkannya di toko, warung, atau swalayan terdekat dari rumah anda. berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ketan durian lumer.

1.    250 gram ketan putih, kemudian cuci sampai bersih ketan tersebut dan rendam dalam air selama kurang lebih 2 jam.
2.    125 mili liter santan yang terbuat dari ½ butir kelapa.
3.    ½ sendok teh garam yang halus
4.    500 mililiter santan yang terbuat dari ½ butir kelapa.
5.    300 gram daging durian musang king, kemudian blender dengan sebagian air santan yang disiapkan.
6.    ½ sendok teh garam
7.    2 sendok makan tepung custard dan 1 sendok makan tepung maizena kemudian larutkan ke dalam air hingga semuanya tercampur merata.
8.    Gula secukupnya sesuaikan dengan selera anda.

Cara Pembuatan Ketan Durian Lumer

Untuk membuat makanan yang satu ini anda harus melakukannya dalam dua tahap. Yang pertama terlebih dahulu anda harus mengolah ketan.

1.    Panaskan panci dandang untuk mengukus ketan, rebus airnya hingga mendidih. Kemudain anda bisa mengukus ketan selama kurang lebih 15 menit hingga ketan setengah matang. Jika sudah anda bisa angkat.
2.    Canpurkan santan yang 125 ml dengan garam secukupnya kemudain rebus hingga mendidih, jika sudah angkat. Tuangkan ketan yang sudah dikukus setengah matang tadi ke dalam santan rebus dan aduk hingga santan meresap ke dalam ketan.
3.    Kukus lagi ketan yang sudah tercampur dengan santan selama 20 menit.
4.    Angkat kemudian ratakan dan padatkan ke dalam takir yang terbuat dari daun pisang aatu daun pandan hingga setengah penuh.

Bagian kedua adalah mengolah durian lumer untuk toping ketannya. Beberapa hal yang harus anda lakukan yaitu :

1.    Campurkan beberapa bahan bersama dengan daging durian musang king. Yang harus anda campurkan yaitu santan 500 ml, susu kental manis, larutan custard dan maizena, garam, dan juga gula. Kemudain aduk semua bahan tersebut hingga rata.
2.    Kemudian rebus semua bahan tersebut hingga mendidih dan aduk terus hingga airnya mulai meletup, jika sudah angkat.
3.    Tuangkan ke atas ketan yang tadi sudah dibuat. Dinginkan dan sajikan maka sudah siap untuk dinikmati.

Itulah cara membuat ketan durian lumer, jika anda tertarik untuk membuatnya, resep tersebut sangat mudah untuk diikuti. Jika anda ingin menanam bibit durian musang king di rumah anda bisa mendapatkan bibitnya dengan menghubungi bibitbuahku.