Cara Membuat Surat Pemberitahuan

Surat pemberitahuan termasuk salah satu jenis surat yang sebenarnya sering dijumpai dan diterima masyarakat, namun masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara penulisan surat tersebut. Hal ini terkadang membuat banyak pihak yang membuat surat pemberitahuan tidak sesuai dengan struktur penulisan yang tepat. Nah, oleh karenanya, berikut akan ada penjelasan mengenai bagaimana cara penulisan surat pemberitahuan yang benar sekaligus dengan contoh surat pemberitahuan.

Struktur Penulisan Surat Pemberitahuan yang Benar

Untuk dapat menuliskan surat pemberitahuan dengan format yang tepat, ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan dalam penulisan surat pemberitahuan. Setidaknya, setiap poin tersebut harus dituliskan secara berurutan sebagai berikut.

Kop Surat

Kop surat atau dijuluki dengan kepala surat adalah bagian yang harus ada di paling atas dari surat pemberitahuan. Kop surat ini berisi nama perusahaan, instansi, ataupun lembaga yang menulis surat sekaligus dengan alamat dan kontak perusahaan.

Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Setelah kop surat, tak lupa tuliskan tempat beserta tanggal penulisan surat. Biasanya penulisan bagian ini ditulis di sebelah kanan di bawah kop surat.

Nomor Surat, Lampiran, Perihal

Sebagai surat resmi, surat pemberitahuan juga perlu mencantumkan nomor surat, lampiran, dan perihalnya. Setiap instansi biasanya mempunyai format penulisan tertentu mengenai nomor suratnya. Kemudian, untuk perihal dituliskan sesuai dengan maksud penulisan surat dan lampiran diisi sesuai dengan jumlah lampiran yang terlampir.

Nama Penerima

Dalam bagian ini, dituliskan siapa atau pihak mana yang akan menerima surat pemberitahuan tersebut. Selain nama penerima, tuliskan pula alamat dari penerima.

Isi

Ini merupakan bagian paling penting dimana menjadi inti dari penulisan surat pemberitahuan ini. Dalam penulisan isi surat, penulis setidaknya harus menjelaskan secara lengkap dan jelas.

Penutup

Seperti halnya surat pada umumnya, bagian ini menjadi bagian kesimpulan sekaligus berisi salam penutup.

Tanda Tangan

Mengingat surat pemberitahuan juga bagian dari surat resmi, maka tanda tangan dan cap dari pihak pengirim juga harus dibubuhkan. Ini digunakan sebagai bukti jika surat tersebut memang benar-benar ditulis oleh pihak terkait.

Contoh Surat Pemberitahuan

Untuk melengkapi penjelasan yang telah dijabarkan di atas tentang penulisan surat pemberitahuan, berikut akan ada contoh surat pemberitahuan mengenai pemberitahuan rapat wali murid.

Contoh Surat Pemberitahuan Rapat Wali Murid

 

DINAS PENDIDIKAN

SEKOLAH MENENGAH ATAS PERADABAN

Jl. Merdeka, No. 3B, Surabaya

Telp: 031-0000-5555, e-mail: sma_peradaban@edu.id

 

                                                                                                             Surabaya, 15 Desember 2020   

No               : 0325/11/2020

Lampiran     : –

Hal               : Pemberitahuan

 

Kepada

Bapak/Ibu Orang Tua Wali Siswa Kelas XI

Di tempat

 

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Dengan ini, Kepala Sekolah SMA Peradaban mengundang Bapak/Ibu wali siswa kelas XI untuk menghadiri rapat program ajaran baru. Rapat ini ditujukan untuk mensosialisasikan mengenai pembayaran daftar ulang beserta dengan kegiatan-kegiatan sekolah di tahun ajaran baru nantinya. Adapun pelaksanaan rapat ini akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Senin, 21 Desember 2020

Waktu          : 10.00-selesai

Tempat        : Aula SMA Peradaban

 

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu wali siswa kami ucapkan terima kasih.

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

                                                                                             Kepala Sekolah SMA Peradaban

 

                                                                                             Dewi Rahma, S.pd, M.pd.

 

Nah, itu dia rangkaian penjelasan mengenai surat pemberitahuan sekaligus dengan contoh surat pemberitahuan yang benar. Pembuatan surat satu ini bisa dikatakan cukup mudah, asalkan kamu mengerti dengan betul mengenai struktur penulisannya. Namun, dalam penulisan surat pemberitahuan, jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang benar dan baku sesuai dengan PUEBI ya, mengingat surat ini termasuk dalam surat yang resmi.