Cara Memilih Kemasan Makanan Yang Aman dan Menarik

Kemasan makanan merupakan pembungkus yang berguna untuk menempatkan makanan atau mengurangi resiko rusaknya makanan. Saat ini, packaging tidak hanya berfungsi sebagai pelindung makanan tetapi juga strategi marketing. Dengan desain unik, dan menarik akan menampilkan ciri khas dari produk makanan tersebut. Apalagi di masa pandemic sekarang, hal yang sering dilakukan adalah memesan makanan dari rumah. 

Layanan pesan antar ini tentu saja membutuhkan kemasan yang tidak mudah rusak, aman untuk makanan dan lainnya. Lalu bagaimana cara memilih kemasan makanan untuk bisnis anda? 

Perhatikan pemakaian kemasan 

Dalam memilih kemasan dengan desain yang menarik, sebaiknya perhatikan pemakaian dari kemasan tersebut. Maksudnya, anda mempertimbangkan apakah kemasan tersebut untuk sekali pakai atau berkali-kali. Di samping itu, pemilihan kemasan juga harus ramah lingkungan. 

Untuk membantu branding perusahaan, sebaiknya cantumkan logo bisnis kuliner dan pilih bahan yang dapat bertahan dalam jangka waktu lama jika dimanfaatkan untuk pemakaian berulang. 

Tentukan packaging berdasarkan jenis makanan 

Jenis packaging  harus disesuaikan dengan jenis makanan yang dijual. Caranya dengan mencatat apakah jenis makanan panas atau dingin? Keduanya akan menentukan kemasan makanan yang cocok. 

Hindari penggunaan bahan Styrofoam 

Sebaiknya untuk menghindari penggunaan bahan Styrofoam. Kemasan makanan ini sering dipilih dikarenakan harganya jauh lebih terjangkau dan juga dapat tahan panas. Namun, tidak aman untuk kesehatan. Khawatirnya bahan kimiawi yang terkandung dalam Styrofoam akan larut ke dalam makanan. Pilih kemasan makanan dengan bahan plastik atau kertas. 

Ketahui perbedaan kemasan kedap air dan udara

Dalam memilih kemasan makanan, anda juga harus mempertimbangkan apakah kemasan dapat kedap air atau udara. Jika anda ingin melakukan proses pengiriman makanan dengan waktu lama, kemasan kedap udara sangat diperlukan. Hal ini dapat mengurangi risiko makanan terkontaminasi. 

Untuk makanan frozen atau menyimpan roti, anda bisa memanfaatkan plastik dengan jenis PTE (polyethylene terephthalate).  Plastik ini dapat kedap air. Pastikan kemasan sudah aman digunakan dan sudah teruji. 

Perhatikan penggunaan bahan logam

Selain styrofoam, sebaiknya juga hindari pemakaian kemasan berbahan logam terutama untuk makanan siap saji dan panas. Kualitas makanan akan berubah dan menjadi tidak aman bagi kesehatan manusia. Kemasan berbahan logam dapat digunakan untuk makanan yang tidak basah, kering seperti kue kering dan lainnya.