Cara Menanam Tanaman Pada Media Tabulampot

Saat menanam tanaman buah biasanya ada saja halangan yang terjadi. Salah satu kendala yang sering terjadi saat menanam tanaman buah adalah terbatasnya lahan yang akan digunakan. Untuk mengatasi masalah tentang lahan ini banyak orang yang mencoba untuk membudidayakannya menggunakan tabulampot. banyak jenis pot yang bisa digunakan untuk budidaya tanaman buah ini, bisa pot kayu, pot keramik, pot plastik, bisa juga menggunakan planter bag.

Penanaman secara tabulampot memang memiliki berbagai macam kelebihan, salah satunya adalah lahan yang digunakan tidak terlalu luas sehingga mampu menghemat lahan. Cara penanaman secara tabulampot juga tidak terlalu sulit. Jika anda ingin mencoba membudidayakan bibit tanaman buah menggunakan tabulampot berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.

Pemilihan Pot

Sebenarnya anda bisa menggunakan pot dengan bahan yang terbuat dari apa saja. Bisa dati plastik, bisa dari kayu, planter bag, atau bahkan pot yang terbuat dari keramik. Sesuaikan ukuran pot dengan ukuran bibit yang anda miliki, jangan pilih pot yang berukuran lebih kecil. Pastikan juga agar bagian bawah pot memiliki lubang drainase.

Lubang drainase ini penting karena jika pada bagian bawah pot tidak memiliki lubang, saat penyiraman air akan menggenangi bibit sehingga perakaran bibit akan mengalami pembusukan. Jika sudah begitu bibit akan mudah untuk terkena penyakit dan juga gampang diserang oleh hama.

Planter bag pun biasanya sudah memiliki lubang pada bagian samping dan juga bagian bawahnya. Sehingga air dapat keluar setelah disiram serta tidak akan mengalami penggenangan air. Planter bag juga memiliki pegangan tangan yang memudahkan anda untuk memindah bibit tanaman ke lokasi yang lebih strategis.

 

Pembuatan Media Tanam

Untuk membuat media tanam anda memerlukan abahn-bahan seperti tanah subur, pupuk kandang, dan juga abu sekam yang sudah dibakar. Campurkan ketiga bahan tersebut dengan menggunakan cangkul atau alat lainnya. Campurkan hingga merata, oh iya jumlah bahan-bahan yang dicampurkan harus memiliki perbandingan yang sama yakni 1 : 1 : 1.

 

Penanaman

Cara penanaman yang dilakukan pada tabulampot tidak jauh berbeda dengan penanaman pada lahan pertanian. Siapkan bibit, media tanam, dan juga tentu saja potnya. Masukkan pasir, atau pecahan genting ke bagian dasar pot. Pecahan genting dan juga pasir ini berguna untuk memperlancar saluran drainase agar tanah tidak menggenang. Masukkan media tanam hingga setengah pot terisi, kemudian masukkan bibit dan taruh agar berada di tengah pot. Timbun lagi dengan media tanam hingga leher bibit atau hingga permukaan pot terisi.

Jika sudah selesai berikan ajir agar bibit tidak mudah roboh saat terkena angin kencang ataupun hujan deras. Taruh ditempat yang mendapatkan sinar matahari secara langsung dan jangan lupa lakukan penyiraman secara rutin setiap dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

 

Demikianlah cara penanaman bibit tanaman buah dengan menggunakan tabulampot. setelah melakukan penanaman anda juga harus melakukan perawatan dengan baik agar bibit tanaman buah yang anda tanam tumbuh dan menghasilkan buah secara optimal. Berikan pupuk, lakukan penyiangan, dan penggemburan tanah juga agar proses budidaya berlangsung baik.

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/