Cara Merawat Marmut Hamil yang Baik dan Benar

Cara merawat marmut hamil merupakan hal yang tidak sepenuhnya mudah. Marmut merupakan hewan lucu yang sering dipelihara. Sebutan lain dari marmut yaitu tikus gunung, guinea pig. Tetapi cara hidup serta fisiknya itu menyerupai tikus.

Cara Merawat Marmut Hamil

1. Cek Kesehatan Marmut Secara Rutin ke Ahlinya

Rutin mengecek kesehatan marmut hamil ke ahlinya merupakan salah satu cara merawat marmut yang sangat penting. Ahli di sini belum tentu dokter. Tetapi juga orang yang sangat mengerti sesuatu mengenai marmut. Misalnya peternak marmut atau sebagainya.

2. Pembuatan Kandang yang Nyaman

Cara merawat marmut hamil semestinya pembuatan kandang yang nyaman. Kita tidak boleh membuat kandang marmut dengan sembarangan. Jangan sampai marmut tersebut merasa tidak nyaman lalu kabur. Kandang dapat kita buat dari bambu, kayu, besi, baja ataupun bahan lainnya. 

Anda dapat menghias kandang marmut dengan batok kelapa dengan cara mengupasnya menggunakan mesin pengupas batok kelapa.

Jangan lupa memberikan ventilasi namun jangan terlalu besar. Dan tempat makanan marmut juga seharusnya dibuat tidak terpisah dengan kandang ini.

3. Pemberian Pakan Marmut yang Tepat

Pemberian pakan yang tepat ini merupakan cara merawat marmut hamil yang tidak boleh kita abaikan. Marmut adalah binatang jenis herbivora, jadi kita harus memberikan makanan sejenis tumbuhan. Makanan terbaik marmut itu yaitu Hay atau rumput. Ini merupakan jenis rumput impor yang biasanya dijual pada Pet Shop. Untuk harganya bervariasi dan biasanya mahal.

4. Memelihara Marmut Baru

Cara merawat marmut hamil berikutnya yakni pelihara lebih dari satu marmut. Jika hanya memiliki marmut satu, maka sangat disarankan untuk suatu hari membeli lagi. Anda dapat membelinya supaya dikawinkan. Ataupun agar marmut tak kesepian dan menyebabkan cepat mati.

5. Vaksinasi Marmut

Tak cuma anjing serta kucing saja yang membutuhkan vaksin. Marmut pun juga membutuhkannya. Anda dapat mengikuti program vaksinasi marmut ini melalui dokter hewan pilihan. Kegunaan vaksinnya merupakan agar mencegah penyakit serta memasukkan vitamin tertentu

Manfaat Merawat Marmut

Marmut adalah hewan yang mempunyai banyak keunggulan jika kita bandingkan dengan risikonya. Berikut merupakan manfaat merawat marmut.

1. Marmut Tidak Akan Menggigit Layaknya Hamster

Hamster memang lebih lucu bila disandingkan dengan marmot, tetapi dari segi karakter, marmot jauh lebih ramah lingkungan dan ceria. Yang membedakan marmut dengan hamster atau kelinci, yaitu marmut tidak suka dan jarang menggigit. Namun itu tidak dapat menutup kemungkinan bahwa marmot akan menggigit. 

2. Merawat Marmut Sangat Mudah

Guinea pig adalah hewan peliharaan ringan, bahkan untuk pemula. Marmut merupakan golongan hewan yang termasuk bisa mandiri. Kebanyakan, marmut yang lebih tua bisa mencari makanan dengan mandiri.

Pada kala marmot marah, mereka seringkali menunjukkan giginya, tetapi tak hingga menggigit. Guinea pig memakan tanaman dan sayuran karena mereka herbivora. Tidak lupa menyediakan air minum sebagai kebutuhan marmut sehari-hari.

3. Kelinci Percobaan yang Lucu

Marmot merupakan binatang yang lucu. Mukanya bundar serta lucu, jika beranjak dewasa dapat hingga menyaingi ukuran kaki manusia dewasa. Kami merasa mudah bermain dengannya, terutama saat dia selalu bersih. Alangkah baiknya jika mereka menjadi pasangan hidup kita.

4. Marmut Cukup Gampang Diternakkan dan Dapat Kita Jual

Bila Anda serius ingin beternak marmut, Anda dapat mendapatkan keuntungan besar darinya. Dikarenakan daging marmut mempunyai manfaat yang sangat banyak, tidak sedikit dokter yang mengatakan jika daging marmut mempunyai manfaat dan khasiat sebagai mengobati patah tulang, kemandulan, nefritis, dan penyakit liver.

Maka dari itu, Anda dapat menjualnya ke pasar untuk dapat dikonsumsi. Kita pun dapat menjadikan marmut sebagai hewan peliharaan kita sendiri.

5. Kelinci Percobaan Ramah yang Bahkan Dibesarkan Oleh Anak-Anak

Tidak benar bahwa marmot berbahaya untuk berkembang biak. Meskipun hewan ini merupakan hewan yang sangat ramah terhadap anak-anak, seperti yang sudah saya katakan tadi, binatang ini tidak suka atau jarang menggigit. Namun, orang tua harus terus mengawasi marmot agar tidak jatuh atau menjadi mainan yang berbahaya oleh anak-anaknya.

6. Marmot Mudah Jinak dan Rusak

Guinea pig adalah hewan alami, seperti anjing atau kucing, yang sangat mudah dijinakkan. Marmut merupakan binatang yang pandai karena marmut dapat dengan mudah mengingat pemiliknya. Yang terpenting Anda harus selalu rutin mengajaknya untuk bermain agar marmut tidak bosan.

Demikian mengenai cara merawat marmut hamil. Tentunya dengan perawatan yang maksimal, menjadikan marmut lebih sehat. Semoga bermanfaat.