Cara Merekam Layar di Android Menggunakan Aplikasi

Cara merekam layar di Android biasanya dibutuhkan oleh para gamers, YouTuber, atau profesi lainnya untuk merekam apapun yang dilakukan pada layar ponsel. Misalnya untuk memamerkan kemampuan main games, memberikan instruksi, dan kepentingan lainnya pada. Sayangnya tidak semua ponsel pintar saat ini sudah dibekali fitur perekaman layar.

Namun Kamu tidak perlu khawatir, ada banyak rekomendasi aplikasi perekam layar di Android yang bisa digunakan secara gratis. Disini Kami akan memberikan beberapa contoh penggunaannya lengkap beserta langkah-langkah yang sesuai. 

Mau tahu? Yuk simak pembahasannya berikut ini:

Ada dua aplikasi perekam layar di Android yang akan Kami berikan tutorial penggunaannya disini, yaitu AZ Screen Recorder dan Mobizen Screen Recorder.

1. Menggunakan AZ Screen Recorder

  1. Download dan instal aplikasi melalui Google Play Store
  2. Klik icon  AZ Screen Recorder, lalu pilih icon pada kiri layar
  3. Klik ikon record di bagian tengah
  4. Setelah itu aplikasi akan menghitung mundur dan mulai perekaman layar
  5. Jika ingin mematikan rekaman atau video, klik Slide Down Bar notifikasi, klik icon berhenti

2.Menggunakan Mobizen Screen Recorder

Cara merekam layar di Android menggunakan aplikasi ini cukup mudah, pertama silahkan download dan install terlebih dahulu melalui Google Play Store. Nantinya secara otomatis akan ada icon yang muncul di bagian kanan layar ponsel. Jika icon tersebut diketuk maka muncul tiga icon baru.

Ikon paling bawah berfungsi untuk mengambil screenshot, ikon bagian tengah merupakan opsi untuk masuk ke menu dan ikon yang paling atas untuk melakukan perekaman. Dalam penggunaannya bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik pada icon recording
  2. Setelah itu akan muncul hitungan mundur untuk memulai perekaman layar
  3. Aplikasi secara otomatis akan merekam apapun aktivitas yang ada di layar, termasuk suaranya jika ada
  4. Jika sudah selesai merekam, klik icon recording Untuk menghentikan perekaman layar

Jika menggunakan cara ini nantinya video tersimpan secara otomatis pada folder video. Kamu bisa mengeceknya di bagian folder tersebut.

3. Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android

Selain dua aplikasi sebelumnya, Kamu juga bisa menggunakan beberapa rekomendasi aplikasi untuk merekam layar terbaik di Android berikut ini:

  • DU Recorder

Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari satu juta kali ini menjadi alat perekam layar terbaik di Android yang recommended. Dalam penggunaannya juga tidak perlu melakukan rooting terhadap ponsel. Bahkan dalam aplikasi ini juga sudah tersedia fitur untuk mengedit video hasil perekaman.

  • Screen Recorder – Record your screen

Aplikasi perekaman layar untuk Android ini sudah bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Keunggulannya yakni menyuguhkan hasil rekaman yang mulus dan bagus. Kamu bisa menggunakan fitur perekaman layar tanpa ada batasan waktu.

  • Lollipop Screen Recorder

Seperti namanya karena aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh pengguna Android dengan sistem operasi minimal Lollipop v5.0 serta di atasnya. Menggunakan aplikasi ini untuk perekaman layar tidak perlu melakukan rooting terlebih dahulu, sehingga sangat simpel dan aman penggunaannya.

  • Game Screen Recorder

Tenang, aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk merekam saat main game saja, tapi juga dapat digunakan untuk perekaman layar ponsel seperti aplikasi-aplikasi lainnya.

Mudah banget bukan cara merekam aktivitas apapun di layar smartphone? Kamu bisa menggunakan salah satu cara merekam layar di Android di atas, lebih disarankan memakai cara tanpa root ponsel agar lebih aman.