Jenis-jenis Penyakit Diabetes dan Penyebabnya

Masyarakat saat ini sudah lebih aware dengan penyakit diabetes dan akibat yang bisa ditimbulkannya. Maka secara perlahan, sudah banyak masyarakat yang mulai menjalankan pola hidup sehat. Sebagai tambahan, banyak pula yang mempelajari tentang penyakit diabetes, seperti jenis-jenis penyakit penyakit diabetes, gejala, penyebab dan cara mengatasinya.

Mengetahui jenis penyakit yang diderita beserta gejalanya tentu akan lebih memudahkan untuk menentukan jenis pengobatan atau penanganan yang tepat. Untuk penyakit diabetes sendiri ada beberapa jenis, diantaranya:

  • Diabetes Tipe 1

Jenis penyakit diabetes yang pertama adalah tipe 1 yang juga dikenal sebagai penyakit autoimun. Penyakit ini menyebabkan kondisi dimana sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi justru menyerang sel-sel pankreas dimana insulin dibuat bahkan menghancurkannya.

Hal tersebut kemudian menyebabkan tubuh tidak bisa menghasilkan insulin sama sekali. Padahal, insulin dalam jumlah yang cukup tetap dibutuhkan oleh tubuh. Jenis diabetes ini biasanya menyerang anak-anak atau remaja meski tidak menutup kemungkinan menyerang semua usia.

Jenis diabetes ini bisa disebabkan oleh faktor genetik, namun faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab. Untuk mengatasi biasanya penderita membutuhkan penanganan medis berupa terapi insulin selama seumur hidup.

jenis penyakit diabetes

  • Diabetes Tipe 2

Jenis-jenis penyakit penyakit diabetes berikutnya adalah diabetes tipe 2. Jenis ini terjadi saat tubuh bisa memproduksi insulin. Namun sayangnya karena pola hidup yang tidak sehat sehingga membuat sel-sel tubuh jadi kurang merespon insulin tersebut. Akibatnya, glukosa dalam darah tidak bisa diproses menjadi energi hingga kemudian menumpuk di dalam darah.

Diabetes jenis ini bisa diatasi dengan menjalankan pola hidup sehat untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Satu cara lain yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan perangkat jam tangan terapi kesehatan dari Dr Laser.

Perangkat ini bekerja untuk merangsang sel tubuh yang memproduksi energi dengan menggunakan gula darah. Dengan cara ini jugalah kolesterol dan gula darah yang berperan untuk menghasilkan energi ini dapat dikontrol jumlahnya karena dibakar untuk menghasilkan energi.

 

Demikian tadi jenis-jenis penyakit penyakit diabetes yang wajib diketahui. Dari penjelasan di atas kini Anda jadi tahu bahwa diabetes ada beberapa jenisnya dengan penyebab yang berbeda. Dari sini Anda pun jadi tahu bagaimana mengatasi dan pengobatan yang dibutuhkan.