Jenis-jenis Rumput Makanan Kelinci yang Sehat dan Bernutrisi

Makanan utama kelinci liar di alam liar adalah rumput-rumputan, biji-bijian, sayur-sayuran dan buah-buahan, yang jenisnya sangat banyak sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisinya.

Bagi kelinci yang dipelihara atau diternakkan, pemilik atau peternak kelinci tentu akan kesulitan untuk mendapatkan banyak jenis rumput dan sayuran dari alam saat ini, oleh karena itu makanan dasar kelinci hadir dalam bentuk olahan konsentrat seperti pellet atau granul dengan spesifikasi tertentu.

Komposisi untuk memenuhi kebutuhan kelinci akan energi, protein, lemak, vitamin dan mineral esensial. Rumput dibawah ini salah satunya, tenang saja jenis rumput makanan kelinci dibawah ini mudah ditemukkan.

Jenis-jenis Rumput Makanan Kelinci

1. Rumput Odot

Jenis pertama adalah rumput odot. Di Amerika, jenis rumput ini sangat terkenal dan telah lama digunakan sebagai makanan domba atau kambing, karena mengandung protein yang baik hingga 12-14%. Rumput odot kini sudah tersebar luas di Indonesia dan banyak ditanam. Jika sobat beternak kelinci tidak ada salahnya mencoba makanan rumput odot.

Karena urat daunnya halus, teksturnya lembut, tidak berbulu maupun kasar. Selain itu, rumputnya juga cepat tumbuh, sehingga mudah ditemukan dan bisa Anda rawat sendiri di dekat rumah Anda. Untuk panennya sendiri saya sarankan jika ingin memanen dan mengolah bisa menggunakan mesin chopper rumput untuk memotong rumput odot dan dicacah menjadi kecil dengan mesin pencacah rumput agar lebih mudah dimakan kelinci.

2. Rumput Timothy

Timothy adalah varietas rumput lapangan yang memiliki ekor kucing di bagian atas saat berbunga. Manfaat rumput timothy adalah cukup serat, tinggi protein dan kandungan mineral. Dengan demikian, tidak menyebabkan masalah pencernaan pada kelinci. Selain itu, teksturnya lembut dan tidak merusak sistem pencernaan.

3. Rumput Sintrong

Meski di masyarakat, rumput ini sering dianggap pengganggu. Tapi sangat baik untuk pakan kelinci. Rumput ini tumbuh di alam bebas di tempat terbuka bersama dengan rumput lainnya. Namun jika ingin mengolah rumput ini sebagai pakan kelinci, Anda harus mengeringkannya terlebih dahulu karena banyak mengandung air dan getah.

4. Rumput Legetan

Rumput legetan atau rumput wedusan jawa merupakan makanan favorit kelinci. Seperti rumput sintrong, ia tumbuh di alam liar, seperti kebun atau sawah. Menurut pengalaman di sini, jika kelinci diberikan rumput ini, akan mengalami sedikit masalah pada urin, ginjal, dan pencernaan. Yang jelas bagus untuk pembentukan dan kesehatan gigi kelinci.

5. Rumput Alfalfa

Tumbuhan ini mengandung 18,9% protein dan zat basa yang dapat menetralkan keasaman tubuh. Tentu saja rumput tertua di dunia ini bisa dijadikan pakan kelinci. Bahkan orang bilang bisa meningkatkan produksi susu kelinci ratu.

6. Rumput Gulma Tegalan

Gulma ini biasa ditemukan di kebun atau di pinggir-pinggir sawah. Seperti halnya rumput sintrong, gulma yang sering disebut juga dengan tegalan ini banyak mengandung serat yang sangat bermanfaat bagi kelinci. kamu bisa mencari rumput liar di sekitarmu dan memberikannya kepada kelinci.

7. Rumput Hay atau Rumput Kering

Rumput hay biasanya terbuat dari rumput jerami, cocok untuk semua jenis kelinci, baik kelinci daging maupun kelinci hias dengan bulu tebal. Walaupun, sepertinya cukup jarang yang memakai pakan ini untuk kelinci.

Padahal, 80% makanan utama adalah rumput kering, dan 20% sisanya adalah makanan pendamping seperti pelet, buah-buahan dan sayur-sayuran. Banyak sekali manfaatnya, yang tentunya mengandung beberapa serat yang cukup bagus yang dapat memberi kesehatan bulu dan pertumbuhan kelinci.

Demikian artikel yang saya jelaskan semoga dapat bermanfaat, terimakasih.