Kalimat Imbauan dan Pujian Sesuai Parenting Anak 

Tipe parenting yang diterapkan setiap orang tua tentu berbeda-beda. Tak bisa dipaksakan namun Anda bisa menentukannya sendiri sejak dini. Seperti halnya dalam penggunaan kalimat baik itu imbauan atau pujian, setiap orang tua pun tentu memiliki patokan tersendiri. Namun, tak ada salahnya bukan jika Anda mulai menyimak beberapa contoh kalimat yang biasanya tak pernah luput dalam ilmu parenting anak berikut ini.

3 Contoh Kalimat Himbauan yang Efektif Untuk Anak

Memiliki anak yang lekas marah maupun tantrum memang memaksa orang tua agar bisa bertindak sesabar mungkin. Alih-alih ikut memarahi, gunakan kalimat berikut ini sesuai dengan situasi.

  • Menempatkan Tanggungjawab ke Anak

Kalimat yang diajarkan di parenting anak ketika lagi ngambek atau capek adalah berusaha mendengarkan pernyataan keluh kesah anak. Sesudah itu beri respon berupa penempatan tanggungjawabnya, misal “Iya, Ibu paham. Terus sekarang mau Kakak gimana?”.

  • Membantu Anak Mengungkapkan Perasaan

Terkadang anak kecil cenderung mencari perhatian ketika dirinya sulit untuk mengungkapkan perasaannya. Anda bisa membantunya dengan menanyakan “Udah ya ngelemparinya. Yuk, sini sama Ibu cerita”.

  • Saat Anak Susah Diajak Pulang

Terkadang saking asyiknya bermain, anak akan sulit untuk diajak pulang. Alih-alih memarahinya, coba Anda mengatakan “Dek, udahan yuk mainnya. Sekarang Mama mau buat kue, Adek bantuin Mama yuk!”.

3 Contoh Kalimat Pujian Untuk Anak dalam Berbagai Situasi

Selain himbauan, penggunaan kalimat yang tepat ketika akan memuji kinerja anak pun harus diperhatikan. Berikut tiga contoh kalimat parenting anak yang tepat.

  • Memuji Kemampuannya

Saat anak Anda melakukan hal yang baik, misalkan mencuci piring sendiri setelah makan. Maka lakukan ungkapan yang dapat mengapresiasi hal tersebut, seperti “Wah Kakak hebat!”.

  • Mengontrol Emosi Anak

Puji anak sewajar mungkin agar terjalin kedekatan emosional secara natural. Misalnya saat anak Anda membantu pekerjaan rumah atau suka membantu teman, maka berikan apresiasi “Mama tidak bisa menyelesaikan ini semua sendirian. Terima kasih ya Kak sudah membantu”.

  • Melatih Kerjasama 

Ketika anak-anak Anda berhasil menyelesaikan sesuatu hal melalui suatu kerjasama, maka beri mereka pujian. Gunakan kalimat yang tidak membeda-bedakan, misalnya “Wah Kakak sama Adek hebat. Terima kasih ya, kerja sama kalian sangat baik!”.

Tak harus berpatokan sedetail dan sama persis dengan kalimat tersebut. Anda tetap bisa kok menggunakan kalimat lain, tentunya harus berprinsip pada kiat parenting anak. Selamat mencoba.  

Sumber: bondanita.com