Keunggulan Cat Interior Waterproof dan Cara Mengaplikasikannya

Cat interior waterproof adalah cat pelapis yang tahan terhadap air sehingga bagian dalam tembok tidak basah dan lembab. Dengan cat waterproof, air yang mengenai tembok tidak lantas meresap ke dalam melalui pori-pori tetapi jatuh mengalir ke bawah.  

Adapun bahan pelapis yang biasa digunakan yaitu minyak, akrilik, concrete base dan lateks. Berikut penjelasan lebih detail mengenai cat waterproof yang bisa melindungi rumah Anda dengan maksimal.

Keunggulan yang Dimiliki Cat Interior Waterproof

Cat waterproof memiliki keunggulan antara lain: 

  • Mencegah rembesan air pada tembok yang terjadi karena kebocoran atap dan saluran air.
  • Melindungi permukaan tembok sehingga lebih tahan lama.
  • Mencegah tembok agar tidak lembab karena air.
  • Mencegah tumbuhnya jamur, lumut dan bakteri pada permukaan tembok.
  • Mencegah timbulnya retakan pada permukaan dinding.
  • Menjadikan tembok lebih mudah dibersihkan dari noda maupun kotoran karena cukup hanya menggunakan spons, sikat dan air.
  • Menjaga keindahan tembok sehingga nilai estetika ruangan tidak menurun.

Ruangan Mana Saja yang Harus Dilapisi Cat Waterproof?

Jenis cat waterproof terbagi menjadi 2 yaitu khusus interior dan eksterior. Cat waterproof untuk bagian luar umumnya membutuhkan formula yang lebih ekstra sehingga tahan air sekaligus tahan cuaca.

Sedangkan cat interior waterproof lebih baik diaplikasikan untuk beberapa ruangan seperti:

  • Kamar mandi dan dinding dalam bak mandi
  • Bagian atap rumah
  • Bagian dapur yang dekat dengan saluran air
  • Ruang kerja dan ruang belajar
  • Kamar yang dekat dengan pipa air
  • Kolam ikan
  • Ruangan lain yang kemungkinan besar basah dan lembab karena terkena air maupun dekat dengan saluran air yang ada di rumah

cat waterproof

Cara Mengaplikasikan Cat Waterproof

Banyak masalah hanya karena dinding yang tidak dilapisi cat waterproof, bukan? Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan langkah pencegahan dengan mengaplikasikan cat anti air. Salah satu yang direkomendasikan adalah No Drop Cat Pelapis Anti Bocor produksi Avian Brands.

Dengan finishing semi gloss, No Drop mampu memberikan perlindungan optimal dari kebocoran di bagian dalam rumah. Cat tersebut sangat tahan lama, elastis dan tahan cuaca. Berikut langkah mengaplikasikan cat interior waterproof yang benar:

  1. Hilangkan jamur dan lumut pada area tembok sampai bersih.
  2. Pastikan permukaan tembok yang akan dicat sudah terbebas dari kotoran, noda, minyak dan karat.
  3. Campurkan cat No Drop dengan 20% air sampai merata kemudian aplikasikan 1 lapis pada permukaan tembok sebagai cat dasar.
  4. Kemudian aplikasikan lapisan kedua dan berikutnya hingga ketebalan minimal 250 mikron. Anda tidak perlu mengencerkan No Drop dalam air untuk lapisan lanjutan.
  5. Apabila hanya ingin melapisi retakan, maka campurkan No Drop dengan 10% air sebagai cat dasar.
  6. Setelah itu, aplikasikan 1 lapis pada area tembok yang retak. Pastikan cat yang diaplikasikan sudah merata.
  7. Lalu, tempelkan No Drop Membrane yang berfungsi menguatkan sambungan kemudian biarkan hingga kering.
  8. Terakhir, lapisi ulang tembok dengan cat No Drop yang tidak dicampur air.

Cat waterproof memang dibutuhkan oleh interior rumah. Apalagi intensitas hujan yang melanda Indonesia dapat meruntuhkan pertahanan tembok rumah Anda sehingga mudah lembab, retak dan mengelupas.

Bukan hanya mengurangi keindahan, tembok yang tidak tahan air juga dapat mempengaruhi kesehatan. Sebab, risiko jamur dan bakteri untuk tumbuh itu cukup besar.

Pengaplikasian cat pelapis anti air dapat dilakukan dengan alat penyemprot cat konvensional, alat penyemprot cat airless, roll maupun kuas. Selalu prioritaskan ruangan dalam rumah yang memang sudah lembab dan mudah kemasukan air.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan pencegahan dengan mengecek bagian atap dan pipa saluran air agar terhindar dari kebocoran.