Makanan Bayi yang Bikin Gemuk dan Menyehatkan Bayi

Pada artikel kali ini saya akan memberikan makanan bayi yang bikin gemuk. Si kecil dengan makan yang teratur dan terlihat sehat dan gemuk pasti membuat orang tua senang. Untuk membantu hal tersebut, ada banyak varian makanan untuk membantu bayi tumbuh menjadi bayi yang gemuk dan sehat.

Organ pencernaan dan perut bayi masih berukuran kecil, sehingga jumlah makanan yang mereka makan tidak banyak. Karena itu, penting untuk memastikan bahwa makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kaya akan nutrisi sehingga dapat mendukung pertumbuhannya.

Namun perlu diingat bahwa bayi umumnya tidak mengkonsumsi makanan padat atau sering juga sebagai suplemen ASI sampai mereka berusia 6 bulan. Agar bayi gemuk menjadi sehat, ada beberapa prinsip dalam menyajikan makanan padat kepada bayi, yaitu makanan harus segar dan memiliki tekstur dan rasa yang sesuai dengan pencernaannya yang masih berkembang. Anda pun bisa mengolahnya dengan alat-alat seperti mesin gilingan daging dan food processor.

Makanan Bayi yang Bikin Gemuk

1. Brokoli

Brokoli kaya akan serat, asam folat, dan kalsium. Sayuran hijau ini sangat bagus untuk menjadi sayuran pertama yang dicoba si anak. Potong-potong kecil dan kukus hingga lembut agar si kecil bisa memakannya dengan mudah.

2. Pisang

Pisang mudah disajikan dan praktis, sehingga mudah juga dibawa. Selain itu, kandungan serat dan karbohidratnya juga bagus untuk tubuh bayi. Jika Anda ingin memberikan makanan super ini kepada bayi Anda, pilihlah pisang yang matang dan sajikan dengan cara dikikis atau dihaluskan. Jika si anak sudah pandai mengunyah, potong kecil-kecil agar mudah dikonsumsi.

3. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan vitamin C, serat, zat besi, kalium, antioksidan dan beta-karoten. Rasanya yang manis disukai oleh bayi. Ubi jalar dapat disajikan dengan cara dikukus sampai matang, dan dihaluskan atau dicampur menjadi pure (bubur).

4. Alpukat

Buah ini kaya akan lemak sehat yang dapat membantu perkembangan otak, serta sumber kalori. Komposisi lemak alpukat hampir mirip dengan komposisi lemak alpukat dengan komposisi lemak air susu ibu (ASI). Selain itu, alpukat juga tinggi protein yang baik untuk pertumbuhan bayi.

Kedua bahan ini membuat alpukat mampu membuat bayi gemuk sehat. Bunda bisa menghidangkan si kecil alpukat matang yang dihaluskan. Namun, jangan memberikan alpukat terlalu banyak, karena buah ini cepat kenyang.

5. Wortel

Tidak hanya rasanya yang manis dan warna cerahnya yang menarik saat disajikan, tetapi juga mempunyai kandungan beta-karoten yang bagus buat perkembangan dan penglihatan bayi. Wortel bisa disajikan menggunakan cara dikukus sampai matang, dan dihaluskan atau dicampur dengan makanan bayi.

6. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan dapat mendukung pertumbuhan tulang dan pembentukan otot serta jaringan tubuh lainnya. Vitamin ini juga berperan dalam penyerapan zat besi dari makanan dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Untuk si kecil, Anda bisa memilih jeruk dengan rasa yang manis.

7. Telur

Kandungan utama telur adalah protein, zinc, asam folat dan berbagai jenis vitamin yang penting untuk tumbuh kembang bayi. Kuning telur mengandung kolin dan omega-3, yang sangat penting dalam perkembangan otak bayi. Namun, jika si kecil berisiko terkena alergi atau mempunyai riwayat alergi, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum memberinya telur.

8. Daging

Daging sapi, ikan atau ayam adalah sumber protein, zat besi, seng dan asam lemak omega-3 yang baik. Untuk tumbuh kembang yang optimal, bayi perlu mengonsumsi protein dari daging secara rutin. Pastikan untuk menggiling daging sebelum disajikan kepada bayi. Anda juga bisa mencampur daging dengan pure sayuran dan ASI.