Manfaat Mengkonsumsi Buah Kelapa bagi Kesehatan Tubuh

Kelapa merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah tropis. Di Indonesia bibit kelapa dapat dengan mudah kita jumpai karena tidak sulit untuk menemukan tempat jual bibit kelapa. Terutama di daerah dataran rendah, dimana pohon kelapa dapat tumbuh dengan baik. Bibit kelapa yang baik akan mampu menghasilkan pohon kelapa yang baik. pohon kelapa yang baik akan memberikan banyak manfaat bagi pemiliknya.

Pohon kelapa dikenal memiliki berbagai macam manfaat. Semua bagian dari tubuhnya dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, tidak terkecuali dengan buahnya. Buah kelapa yang masih muda memiliki kandungan air yang banyak dan daging buah yang kenyal seperti jelly. Pada saat seperti inilah buah kelapa paling enak dinikmati.

Selain buahnya yang enak dan airnya yang segar, buah kelapa muda memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh saat kita mengkonsumsinya. Beberapa kelebihan dari buah kelapa ini adalah sebagai berikut:

Baik Untung Jantung

Manfaat buah kelapa yang pertama adalah dapat memberikan kesehatan pada jantung. Penelitian yang dilakukan New Zealand Institute of Chemistry mengemukakan jika orang sering memakan buah kelapa akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung lebih dari melakukan diet berat.

Minyak yang terdapat pada kelapa memiliki sifat netral pada kadar kolesterol sehingga apabila mengkonsumsi minyak kelapa yang diekstrak dari daging kelapa kering dapat mengurangi lemak jahat yang ada di perut. Hal inilah yang membuat resiko penyakit jantung dan diabetes dapat menurun, karena apabila lemak perut meningkat akan membuat resikonya lebih tinggi.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah kelapa selanjutnya berasal dari minyak kelapa. Minyak kelapa dipercaya dapat membantu untuk menjaga kesehatan kulit. Membuat kulit menjadi awet muda dan tetap sehat. Kandungan antioksidan yang ada dalam minyak kelapa diketahui mampu memperlambat proses penuaan serta dapat melindungi kulit anda dari radiasi sinar matahari yang dapat membahayakan kulit anda.

Cara menggunakan minyak kelapa ini juga sangat mudah, cukup oleskan sedikit saja pada kulit anda. waktu terbaik untuk menggunakan minyak kelapa ini adalah sebelum mandi, karena minyak kelapa akan meresap pada kulit setelah pori-pori anda terbuka.

Membuat Tubuh Tetap Terhidrasi

Air kelapa memiliki manfaat sebagai penyedia elektrolit nomor satu yang memiliki tugas menjaga badan tetap terhidrasi. Selain itu apabila asupan elektrolit sudah terpenuhi maka otot dan juga saraf akan berfungsi secara maksimal. Apabila tubuh sudah terhidrasi maka kesehatan kulit juga akan meningkat.

Mampu Mengontrol Kadar Gula Darah

Buah kelapa memiliki kandungan karbohidrat dengan kadar yang rendah sedangkan kandungan serat dan lemaknya tinggi. Hal inilah yang membuat kadar gula darah stabil saat kita mengkonsumsinya.

Kandungan arginin pada daging buah kelapa diketahui memiliki efek antidiabetes. Arginin merupakan asam amino yang sangat penting untuk fungsi-fungsi sel pankreas, agar dapat melepaskan hormon insulin sehingga membuat kadar gula darah dapat terkontrol. Selain itu serat yang tinggi pada daging buah kelapa juga mampu memperlambat proses pencernaan dan meningkatkan resistensi insulin. Sehingga kadar gula darah dalam tubuh kita dapat terkontrol.

Demikian ulasan tentang manfaat buah kelapa bagi kesehatan tubuh anda. Konsumsilah buah kelapa secukupnya, jangan berlebihan. Agar tidak memberikan efek yang buruk, karena semuanya harus sesuai porsi. sampai bertemu pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/jual-bibit-kelapa-unggul.htm