Pengenalan HTML

Mengetahui HTML dapat membantu Anda membangun situs web yang lebih baik dan menjadi pengguna komputer yang lebih mahir. Artikel ini akan memberi Anda pengantar singkat untuk mempelajari beberapa tag html paling penting yang harus diketahui oleh setiap pemula.

Jika Anda baru mengenal pemrograman atau belajar desain web, mempelajari HTML dari awal bisa jadi sulit. Beruntung bagi Anda, panduan ini dirancang untuk pemula. Ini tidak akan mencakup segala sesuatu tentang html, tetapi akan memperkenalkan Anda ke dasar-dasar seperti judul dan paragraf serta cara menggunakan gambar di situs Anda. Untuk mempelajari HTML secara utuh mungkin Anda bisa membuka tutorial belajar HTML dari Nextgen, tutorial Nextgen berisi segala hal untuk Anda agar bisa benar-benar mahir HTML.

 

Apa itu HTML?

HTML, atau HyperText Markup Language, adalah bahasa yang digunakan untuk membuat halaman web. Browser mengenali HTML dan menerjemahkan kode-kode HTML yang telah Anda tulis sebagai tampilan pada halaman web. HTML jauh lebih mudah dipelajari daripada bahasa pemrograman lain karena pada dasarnya penulisan HTML tidak memerlukan algoritma. Begitu Anda mulai belajar, tidak akan lama lagi Anda akan tahu apa yang harus dilakukan apabila ingin membuat tampilan pada halaman web.

Tag Dasar

Sekarang setelah Anda memiliki gambaran tentang apa itu HTML, mari kita lihat beberapa tag paling dasar yaitu heading dan paragraf. Ini adalah dua elemen paling penting untuk halaman web apa pun, apa pun isinya. Penting untuk mempelajari cara menggunakan kedua tag ini pada saat pertama kali Anda mempelajari HTML.

Judul

HTML memiliki 6 tag judul yang berbeda. Judul ini sama dengan yang Anda lihat di pengolah kata seperti Microsoft Word, yaitu yang biasa dipakai untuk menuliskan judul Bab, sub judul pertama suatu Bab, sub judul kedua suatu Bab dan seterusnya. Masing-masing memiliki tujuan yang unik dan harus digunakan untuk kondisi tertentu.

Perhatian : untuk penulisan tag yang sesungguhnya hilangkan tanda – pada setiap contoh penulisan tag di bawah ini.

Tag pada HTML untuk menampilkan judul adalah <-h1>, <-h2>, <-h3>, <-h4>, <-h5> dan <-h6>. Tulisan untuk masing-masing tag mempunyai besar yang berbeda, <-h1> adalah tulisan yang paling besar dan tulisan akan mengecil sampai tag <-h6>.

Yang pertama, misalnya, biasanya digunakan untuk judul utama suatu halaman <-h1>Judul ada di sini<-/h1>. Menggunakannya judul utama ini pada halaman Anda akan membantu situs Anda tampak lebih teratur.

Judul lainnya digunakan untuk memecah teks Anda menjadi sub judul dan sub sub judul dan seterusnya. Misalnya <-h2>Ini adalah teks sub judul<-/h2> <-h3>Ini adalah teks sub sub judul<-/h3> dan seterusnya sampai <-h6>.

Paragraf

Paragraf adalah apa yang Anda gunakan untuk teks reguler Anda, ini seperti tulisan pada bagian body pada Microsoft Word. Paragraf akan memecah teks Anda menjadi beberapa baris yang rapi dan bagus untuk membuat tulisan Anda mudah dibaca oleh pembaca. Anda dapat menggunakan paragraf untuk memisahkan bagian halaman Anda atau membuat struktur yang lebih kompleks pada artikel yang Anda tulis.

Tag em akan membuat tulisan menjadi miring, tag em dapat digunakan dalam paragraf. Tag strong akan membuat tulisan dalam paragraf menjadi tebal.

Gambar

Kebanyakan orang yang belajar html ingin menambahkan semacam gambar ke halaman mereka. Dalam mempelajari html, mempelajari cara menggunakan gambar adalah hal terpenting kedua yang akan Anda pelajari. Ada beberapa cara agar gambar dapat ditampilkan di halaman HTML:

1) Gambar yang ditautkan dari situs lain. Ini berarti bahwa gambar tersebut berasal halaman tertentu pada server atau komputer yang lain. Gambar yang ditautkan ini tidak perlu diletakkan pada server atau komputer Anda sendiri. Contohnya : <-img src="http://www.website.com/image_name.jpg">

2) Gambar yang disematkan. Ini berarti gambar adalah bagian dari file html Anda sendiri dan berada pada komputer atau server Anda sendiri. Contohnya : <-img src=" /image_name.jpg">

Tautan

Contoh terakhir yang akan kita perlihatkan adalah mempelajari cara menambahkan tautan. Tautan adalah tag yang berfungsi untuk membuka halaman web lain, tautan berfungsi apabila pengguna mengklik bagian tautan tersebut. Tautan terdiri dari beberapa tipe.

1) Tautan Normal – Tautan ini akan membuka halaman atau tab lain di browser Anda saat Anda mengkliknya. Berikut ini contohnya: <-a href="http://www.website.com/">Pelajari HTML<-/a>. Perhatikan bahwa tag "href" berisi alamat web suatu halaman sebagai bagian dari kode tautan ini.

2) Tautan Gambar – Tautan berupa suatu gambar, yang akan membuka halaman atau tab lain di browser Anda saat Anda mengklik gambar tersebut. Berikut ini contohnya: <-a href="http://www.website.com/"><-img src="images/image_name.jpg"><-/a>. Perhatikan bahwa tag "href" berisi alamat web halaman sebagai bagian dari kode tautan ini dan nama gambar dimasukkan ke dalam tag img.

3) Tautan Email – Tautan ini akan membuka program email Anda ketika Anda mengkliknya. Berikut ini contohnya: <-a href="mailto:[email protected]">Hubungi saya<-/a>. Perhatikan bahwa tag "href" berisi alamat email.

 

Cara Menulis Dokumen HTML Sederhana

Hal utama yang perlu Anda ketahui ketika belajar html adalah bagaimana menulis dokumen html dasar. Ada dua tag yang harus kita tambahkan ke halaman html untuk membuatnya berfungsi:

<-html> – Tag ini memulai kode html dan memberi tahu browser jenis file apa yang dilihatnya.

<-/html> – Tag ini mengakhiri kode html dan memberitahu browser ketika sudah mencapai akhir file HTML.

Nah tag-tag lain harus ditambahkan ke dalam tag html ini agar file HTML Anda dikenali oleh browser sebagai halaman web yang utuh.