Pengertian Cermin Cembung, Ciri dan Manfaatnya

Apakah anda mengenal mengenai cermin cembung, cermin cembung sendiri sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang cermin cembung yang dibahas secara singkat dan mudah untuk dipahami. Mari kita simak bersama mengenai penjelasan berikut,

 

Pengertian Cermin Cembung

Pengertian dari cermin cembung yakni cermin yang berbentuk melengkung, yang mana pada permukaan cermin nya ini memantulkan cahaya yang melengkung ke arah luar.

Cermin cembung memiliki sifat divergen yang merupakan untuk menyebarkan cahaya karena berkas yang terdapat di cahaya tersebut datang lalu mengenai permukaan dari cermin cembung berikutnya cahaya tersebut akan dipantulkan kembali dari 1 titik dan selanjutnya disebarkan ke segala arah.

 

Manfaat Cermin Cembung

Manfaat dari cermin dari cermin cembung diantaranya yaitu:

  • Cermin Cembung biasanya digunakan sebagai kaca spion serta berbagai bagian yang menggunakan cermin pada transportasi lainnya.
  • Cermin Cembung juga bisa dimanfaat sebagai cermin pencegah tabrakan yang mana pada umumnya dipasang di area pertigaan atau juga dipasang di area perempatan jalan.

Ciri-Ciri Cermin Cembung

Ciri-ciri dari cermin cembung diantaranya yaitu sebagai berikut

  • Divergen (menyebarkan cahaya).
  • Fokusnya bernilai
  • Jumlah ruang letak benda dan letak
  • Bayangan pada benda selalu mempunyai bentuk maya, tegak, serta dapat diperkecil.

Fungsi Cermin Cembung

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari cermin cembung diantaranya yaitu sebagai berikut:

Menyebarkan sinar

Cermin cembung mempunyai sifat untuk menyebarkan sinar (divergen). Sifat dari cermin tersebut sama halnya seperti sifat lensa positif yang mana dipakai pada kaca mata yang digunakan untuk membantu penderita rabun jauh.

Bayangan benda tegak

Bayangan benda yang terbentuk dari cermin  cembung ini selalu tegak. Yang berarti dimanapun letak dari benda tersebut maka bayangan tersebut tidak akan pernah terlihat terbalik.

Membentuk bayangan semu

Bayangan yang terbentuk dari cermin cembung ini pasti selalu semu, dimana bayangan pada benda tersebut selalu terletak di belakang cermin. Yang mengakibatkan pada saat benda berada jauh dibelakang cermin maka bayangan dari benda tersebut akan terlihat kecil.

 

Itulah sedikit penjelasan dari saya mengenai cermin cembung, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan kalian. Terima kasih.

Sumber : https://www.studinews.co.id/