Perbedaan Daging Kerbau dan Sapi yang Mudah Ditemukan

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang perbedaan daging kerbau dan sapi. Perbedaan antara keduanya sebenarnya cukup mudah untuk ditemukan walaupun sebelum menjadi sebuah olahan makanan. Berikut penjelasannya.

Perbedaan Daging Kerbau dan Sapi

1. Warna

Pertama, kita bisa membedakan daging sapi dari daging kerbau dengan melihat dari warna dagingnya. Meski sama-sama mempunyai warna merah, bila dilihat lebih dekat maka akan terlihat jelas perbedaan antara keduanya. Daging sapi mempunyai warna kemerahan yang pucat, sementara pada daging berwarna warna merah pekat dan cenderung lebih terang.

Perbedaan warna yang terdapat pada daging sapi dan kerbau dikarenakan pigmen pembentuk daging yang berbeda. Pada daging kerbau keberadaan pigmen merah lebih menonjol yang membuatnya menjadi lebih berwarna lebih gelap serta kecoklatan. Sementara pigmen merah pada daging sapi tampak lebih sedikit ketimbang daging kerbau.

2. Tekstur

Perbedaan tekstur daging dapat Anda lihat sebelum hendak memasaknya. Tekstur yang ada pada daging sapi lebih lembut dan empuk, sementara daging kerbau bertekstur liat sebab disembelih ketika usia tua. Anda bisa mengeceknya dengan menekan pada daging sapi ataupun kerbau. Pada daging sapi serat serta dagingnya lebih mudah untuk melebur dan membentuk pipih. Tetapi pada daging kerbau, jika Anda menekan dagingnya maka akan terasa lebih banyak serat dan juga tak terlalu pipih.

Perbedaan daging dari segi tekstur pada kedua daging ini memang murni secara genetik. Serat otot yang terdapat pada daging kerbau tampak lebih besar serta lebih tebal ketimbang daging sapi, sehingga membuat daging kerbau menjadi lebih liat dari daging sapi. Daging sapi juga lebih cocok untuk dijadikan daging giling. Anda bisa menggunakan mesin gilingan daging untuk menggilingnya. Gunakan mesin potong daging beku jika daging masih beku.

3. Serat

Perbedaan daging sapi dan kerbau bisa terlihat dengan jelas, yakni pada seratnya. Serat otot daging kerbau lebih tebal ketimbang serat otot dari daging sapi. Jika Anda memperhatikannya dari lebih dekat, serat tersebut akan sangat mudah terlihat oleh mata Anda. Serat kerbau memang lebih tebal ketimbang serat sapi. Tingkat ketebalan serat daging kerbau mirip dengan bihun kecil, sementara serat sapi lebih halus dan lebih tipis dari itu.

Perbedaan daging pada serat juga bisa Anda temukan ketika menyentuh permukaan pada daging. Daging kerbau seperti terasa lebih kasar sementara daging sapi seratnya agak lebih halus. Permukaan daging kerbau akan mempunyai serat yang muncul kepermukaan itu lah yang membuat kasar pada tanganmu. Sementara pada daging sapi lebih halus dan lembut.

4. Lemak

Berikutnya perbedaan daging sapi dan kerbau terdapat pada lemaknya. Lemak adalah golongan lipid yang timbul karena adanya senyawa organik tubuh, lemak ini tak bisa larut dalam air sehingga banyak ditemukan menempel pada daging. Nah, ternyata warna lemak yang terdapat pada daging sapi dan kerbau mempunyai warna yang cukup berbeda. Lemak pada daging sapi berwarna putih kekuningan dan lebih ada warna seperti keruh yang terdapat pada jaringan lemaknya. Sementara pada lemak daging kerbau warnanya seperti lebih mengarah pada putih susu serta cerah.

5. Bau

Bau pada bermacam daging-dagingan mempunyai ciri khas tersendiri. Tetapi daging sapi dan daging kerbau tidak berbau cukup menyengat seperti daging kambing. Kedua daging ini mempunyai bau yang tak terlalu menggangu indra penciuman. Bau ataupun aroma daging kerbau mempunyai aroma yang lebih pekat ketimbang daging sapi. Bau pada daging sapi cenderung lebih samar-samar, sementara pada daging kerbau mempunyai aroma yang mudah tercium ketika didekati.

Penyebab munculnya bau pada daging itu karena bawaan dari struktur genetik daging tersebut. Hormon pengerat bau yang ada pada daging kerbau lebih tinggi ketimbang dengan daging sapi. Tentunya membuat bau daging kerbau akan terasa lebih pekat ketimbang daging sapi.

 

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.