Resep Membuat Es Kelengkeng New Kristal dengan Karamel

Kelengkeng merupakan tanaman buah yang memiliki bentuk bulat-bulat kecil dan berkulit cokelat. Buah yang satu ini memiliki rasa yang sangat manis dan juga menyegarkan, bagi anda orang indonesia tentu sudah akrab dengan buah yang satu ini. Kelengkeng sendiri memiliki berbagai macam jenis dan sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. salah satu jenis kelengkeng yang saat ini banyak dibudidayakan adalah bibit kelengkeng new kristal.

Kelengkeng new kristal merupakan upgrade dari jenis kelengkeng lainnya yaitu kelengkeng kristal. Kelengkeng kristal tidak begitu banyak diminati karena memiliki buah yang mengandung terlalu banyak air sehingga tekstur buahnya blenyek. Sedangkan bibit kelengkeng new kristal dapat menghasilkan buah yang sangat kering dengan rasa buah manis dan juga teksturnya sangat renyah. anda bisa mendapatkan bibit kelengkeng new kristal ini di toko pertanian terdekat atau bisa juga menghubungi bibitbuahku di halaman websitenya.

Buah kelengkeng yang satu ini menjadi primadona di kalangan masyarakat karena bukan hanya dapat dimakan secara langsung. Tetapi buah kelengkeng new kristal dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan dan juga minuman yang dapat memberikan sensasi rasa baru dalam memakan buah kelengkeng. Salah satu olahan minuman yang terbuat dari kelengkeng new kristal adalah es lengkeng karamel. Mari kita lihat resep cara membuat minuman dari olahan kelengkeng yaitu es lengkeng karamel.

Bahan-Bahan

Untuk membuat lengkeng karamel, bahan-bahan yang diperlukan tidak terlalu banyak. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan tersebut di warung atau swalayan yang dekat dengan tempat tinggal anda. bahan yang diperlukan untuk membuat es lengkeng karamel yaitu.

  • 10 buah kelengkeng new kristal yang sudah dikupas
  • Karamel instan sesuaikan dengan porsinya
  • 350 milliliter air sprite
  • Es batu sesuai selera
  • Susu kental manis cokelat

Cara Pembuatan

Untuk membuat es lengkeng karamel juga sangat mudah, jika semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah anda dapatkan kita bisa langsung membuat es lengkeng karamel ini.

1.    Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencuci buah kelengkeng yang sudah dikupas hingga bersih kemudian sisihkan buah dari bijinya.

2.    Kemudian panaskan panci dan masukkan air sebanyak 150 ml dan rebus hingga airnya mendidih.

3.    Setelah air yang ada di panci mendidih, masukkan daging kelengkeng yang sudah dipisahkan dari bijinya dan juga karamel instan, sesuaikan karamel instan yang anda masukkan dalam panci. Kemudian aduk-aduk lagi hingga merata. Aduk hingga air kembali mendidih.

4.    Setelah mendidih dinginkan air kelengkeng karamel.

5.    Siapkan gelas saji, masukkan es batu ke dalam gelas saji.

6.    Kemudian masukkan air rebusan kelengkeng dan karamel instan tadi ke dalam gelas saji.

7.    Setelah itu masukan air sprite sebanyak 350 ml di atas air kelengkeng dan karamel.

8.    Terakhir tambahkan susu kental manis cokelat di atas es yang tadi sudah dibuat.

9.    Es lengkeng karamel pun sudah siap dinikmati.

Hidangkan es lengkeng karamel ini saat cuaca sedang panas. Atau anda juga nisa menyiapkannya di acara kumpul keluarga. Cara membuat minuman yang satu ini sangat mudah jadi anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah, selamat mencoba.