Tips agar Permohonan KPR Subsidi Disetujui dengan Cepat

Keluhan yang paling sering dialami nasabah yang hendak mengajukan KPR bersubsidi adalah proses acc yang lumayan lama. Beberapa faktor bisa menjadi penyebab lamanya permohonan KPR subsidi tidak cepat disetujui bank. Untuk mengetahui apa itu rumah subsidi dan tips agar permohonan KPR subsidi disetujui dengan cepat, mari simak pembahasannya sebagai berikut.

Pengertian Rumah Subsidi

Rumah subsidi merupakan produk KPR yang tersedia di bank yang pada jenis ini mendapat bantuan subsidi dari kementerian PUPR. Target utama pemerintah dalam menyediakan produk rumah bersubsidi ini untuk kalangan menengah ke bawah atau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Manfaat Rumah Subsidi

Manfaat yang didapatkan setelah masyarakat mengambil kredit KPR yakni mendapat DP yang rendah, angsuran yang ringan, dan tenor angsuran yang berjangka panjang. Sehingga masyarakat akan lebih terbantu untuk membayarnya dengan menyesuaikan kemampuan finansial mereka.

Keuntungan 

Pemohon bisa memperoleh kelonggaran untuk pembayaran angsuran dengan jumlah yang rendah. Syarat yang perlu dipenuhi pemohon juga tidak terlalu rumit. Hanya saja, pemohon harus memenuhi kualifikasi yang sesuai dengan ketetapan pemerintah dan bank.

Tips Agar Permohonan KPR Subsidi Disetujui dengan Cepat

Persyaratan Membeli Rumah Subsidi

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi meliputi informasi diri pemohon, yakni merupakan WNI yang berdomisili di wilayah Indonesia. Memiliki KTP, NPWP dan SPT. Berusia minimal 21 tahun sampai 55 tahun. Berpenghasilan maksimal 8 juta rupiah perbulannya. Tidak pernah mengikuti pembelian rumah subsidi sebelumnya.

Tips Permohonan KPR Cepat Disetujui

Apabila Anda tertarik untuk membeli perumahan subsidi di cikarang misalnya. Berikut ini adalah tips agar permohonan KPR Anda cepat disetujui, simak ulasan berikut ini.

Dalam pengajuan KPR bersubsidi, ada beberapa tips agar permohonan KPR bisa disetujui dengan cepat oleh bank. Nasabah perlu memilih jenis rumah yang akan dibeli. Setelah itu, pemohon wajib melengkapi persyaratan dan dokumen untuk mengajukan KPR.  Untuk mengajukan permohonan KPR pun perlu memperhatikan waktu yang tepat. Misalnya tidak pada akhir tahun karena bank akan mengalami masa tutup buku.

Tips terakhir, yaitu BI checking harus dalam keadaan bersih tanpa adanya tanggungan angsuran lainnya.

 

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai apa itu rumah subsidi dan tips agar permohonan KPR subsidi disetujui dengan cepat. Perhatikan dengan baik tips diatas agar permohonan yang diajukan dapat diterima dengan cepat.