Tips Jitu Budidaya Ikan Toman

Budidaya ikan toman bisa menghasilkan uang hingga puluhan juta rupiah. Ikan toman adalah predator air tawar, seringkali menjadi ikan hias untuk akuarium. Bentuk tubuhnya sangat khas, yaitu mirip torpedo dengan warna cantik. Masuk dalam suku gabus, anda bisa memilih ikan toman untuk budidaya karena ikan ini dapat anda konsumsi, dengan nilai gizi tinggi.

Tips Budidaya Ikan Toman

Dilansir dari Suksespedia, selain kolam terpal yang biasa dipakai, anda juga dapat membudidayakan ikan toman di akuarium atau kolam semen. Pilihan paling populer adalah pakai keramba, karena ikan toman jadi cepat besar, berada pada kolam budidaya yang alami. Sedangkan kelemahan menggunakan cara keramba adalah karena hanya dapat anda terapkan pada area pinggir sungai.

Tips Jitu Budidaya Ikan Toman Di Kolam Terpal

1. Tips Pakan Toman

Sebagai ikan predator, maka anda harus memenuhi kebutuhan gizi ikan. Sehingga, ikan toman bisa berkembang lebih cepat. Ikan toman juga hewan kanibal. Pastikan untuk memberi pakan teratur agar tidak saling memakan. Sebaiknya sediakan saja pakan yang masih hidup untuk ikan toman agar tetap aktif.

2. Bibit Berkualitas

Bibit berkualitas sangat penting supaya anda punya hasil benih unggul. Jika anda baru beli benih toman usia 5 hari, beri pakan kutu air. Saat anakan toman sudah mulai besar, beri pakan ikan berukuran lebih kecil.

Tips Jitu Budidaya Ikan Toman Di Kolam Terpal

3. Panen

Budidaya ikan toman dapat anda coba untuk usaha ikan hias atau ikan konsumsi. Saat panen, ikan toman justru punya keunggulan tersendiri jika anda bandingkan dengan budidaya ikan tawar lainnya, termasuk nila, lele, dan gurame. Anda bisa panen sesuai kebutuhan, apakah saat itu pasar butuh permintaan ikan toman hias lebih tinggi dibandingkan dengan toman untuk konsumsi, atau sebaliknya.

Harga ikan toman tentu bervariasi, ikan toman hias dan ikan toman untuk konsumsi pasti berbeda harga. Jual ikan toman yang masih kecil jika anda ingin fokus pada toman hias. Namun, jika anda ingin fokus budidaya ikan toman untuk konsumsi, harganya bisa sangat mahal. Karena Harga ikan toman bisa mencapai hingga Rp 60.000 rupiah per cm tergantung jenisnya.