Tips Puasa Ramadan untuk Penderita Diabetes

Bulan Ramadan di depan mata, saatnya bagi kaum muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Bagaimana dengan penderita diabetes? Bolehkah pengidap diabetes menjalankan puasa Ramadhan? Berikut merupakan sejumlah tips berpuasa sehat untuk penderita diabetes dikutip dari laman di deherba.com.

Puasa aman untuk penderita diabetes

Bagi penderita diabetes, puasa merupakan masalah tersendiri. Karena pengidap diabetes tidak hanya menjadi mudah mengalami kenaikan kadar gula atau hiperglikemia, tetapi juga rentan mengalami hipoglikemia alias turunnya level kadar gula darah.

Sedang tidak makan selama lebih dari 10 jam sendiri akan meningkatkan kerentanan tersebut. Pola makan pada masa puasa juga rentan menyebabkan penderita diabetes untuk mengalami hiperglikemia serius.

tips puasa untuk penderita diabetes

Sehingga diperlukan tips khusus bagi pasien diabetes untuk dapat menjalankan puasa di bulan Ramadhan selama 1 bulan penuh. Berikut adalah sejumlah tips puasa Ramadhan untuk pasien diabetes tersebut.

  1. Konsultasikan dulu rencana puasa Anda dengan dokter Anda untuk memastikan kondisi tubuh Anda cukup aman menjalankan puasa dan mengatur ulang jadwal minum obat yang aman sesuai jadwal puasa.
     
  2. Ubah kebiasaan makan sejak 2 bulan sebelumnya secara bertahap untuk melatih tubuh terbiasa dengan pola makan masa puasa.
     
  3. Hindari berbuka dengan porsi besar supaya tidak terjadi hiperglikemia di saat berbuka puasa, atur untuk makan dalam porsi kecil dan bertahap supaya kenaikan gula darah tidak drastis.
     
  4. Konsumsi makanan yang dapat membantu Anda kenyang lebih lama dengan unsur nutrisi yang lengkap sehingga tubuh tidak mudah lemas di tengah waktu puasa.
     
  5. Siapkan air dan permen dalam tas untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu Anda mengalami serangan hipoglikemia. Segera konsumsi air minum dan permen begitu Anda merasakan gejala hipoglikemia.
     
  6. Pastikan Anda tetap cukup minum karena pengidap diabetes cenderung lebih banyak buang air kecil, sehingga lebih rentan mengalami dehidrasi. Hindari mengkonsumsi minuman yang bersifat diuretik seperti kafein supaya tidak semakin banyak buang air kecil.
     
  7. Penderita diabetes disarankan untuk tetap berolahraga ringan sesuai kemampuan supaya sirkulasi darah tetap berjalan baik.
     
  8. Waspadai setiap gejala dan keluhan yang muncul seperti lemas, kunang-kunang, urin yang pekat dan lain sebagainya. Setiap gejala ini bisa menjadi tanda tubuh Anda merespon negatif kondisi puasa.
     
  9. Lakukan pemeriksaan rutin setiap hari sesuai jadwal buka dan sahur untuk memastikan kadar gula dalam tubuh Anda tetap terkendali.
     
  10. Tetap moderat dengan buah-buahan, artinya Anda tetap bisa mengonsumsi buah-buahan tetapi dalam kadar terbatas dan hindari buah yang terlalu manis.
     
  11. Hindari asupan manis di saat berbuka, karena ini akan menyebabkan kadar gula darah pengidap diabetes naik dengan drastis. Anda bisa mengkonsumsinya dengan terbatas namun setelah beberapa saat pasca berbuka.
     
  12. Kendalikan kebiasaan berbuka dengan gorengan karena gorengan juga bukan asupan yang disarankan untuk menu berbuka puasa pengidap diabetes.
     
  13. Sahur di akhir waktu menjelang masa puasa dimulai supaya Anda dapat mengawali puasa dalam kondisi kenyang dan kadar gula darah relatif lebih tinggi.

Itulah sejumlah tips puasa Ramadhan sehat untuk Anda pengidap diabetes. Pasien diabetes sebenarnya tidak dilarang untuk menjalankan puasa. Tetapi tentu saja dengan pengawasan dan disiplin yang tinggi supaya tubuh tetap bugar selama berpuasa.

Pastikan juga untuk selalu waspada terhadap kondisi tubuh. Anda bisa menemukan lebih banyak informasi seputar kondisi tubuh penderita diabetes termasuk gejala-gejala yang patut diwaspadai di laman herbal terbaik www.deherba.com.