2 Jenis Jeruk yang Kulit Buahnya dapat Dimakan

Apakah anda menyukai buah jeruk? Saya yakin kebanyakan dari anda pasti akan menjawab iya. Siapa yang tidak suka dengan rasa asam manis dari buah jeruk yang menyegarkan? Apalagi saat ini buah jeruk memiliki berbagai pilihan karena jenisnya yang beragam dan diketahui dapat tumbuh dan berbuah dengan baik saat ditanam di Indonesia.

Bukan hanya memiliki rasa buah yang segar, saat ini banyak jenis jeruk yang memiliki berbagai macam keunikan. Mulai dari ukuran buahnya yang besar, warna buahnya yang cantik dan cerah, serta ada buah jeruk yang kulit buahnya bisa dimakan.

Ya benar, ada jenis jeruk yang kulit buahnya dapat dimakan, apakah anda tahu? Jika belum maka mari kita bahas dua jenis jeruk yang kulit buahnya dapat dimakan ini:

 

1.    Jeruk Nagami

Pernah mendengar nama jeruk nagami? Buah yang berasal dari Jepang ini memang terkenal karena keunikannya dimana kulit jeruk nagami bisa dimakan secara langsung. Tidak sampai disitu bahkan rasa kulit buah jeruk nagami dikatakan lebih manis dari pada daging buahnya yang terasa masam.

Buah jeruk nagami dapat anda temukan dengan mudah saat memasuki hari perayaan imlek. Banyak orang yang percaya jika mengkonsumsi jeruk nagami saat imlek akan mendapatkan berbagai macam keberuntungan. Mitos tentang jeruk nagami memang masih sering dibicarakan. Apalagi jeruk yang satu ini juga melambangkan kesuksesan dan keberlimpahan rejeki.

Hal ini ditujukan dengan tingkat kesuburan jeruk nagami yang memiliki tingkat produktivitas tinggi serta genjah alias dapat berbuah dengan cepat tanpa perlu diberikan perlakuan khusus. Buah jeruk nagami memiliki bentuk pohon yang cantik. Dengan ukuran pohon yang tergolong pendek, berdaun hijau dan warna buah yang oranye menyala membuat warna dari pohon jeruk yang satu ini begitu kontras dan juga indah.

Banyak orang yang merawat atau membudidayakan jeruk nagami di dalam pot, biasanya orang-orang seperti itu memfungsikan tanaman jeruk nagami ini sebagai tanaman hias yang berguna untuk mempercantik rumah. Jika berbuah pun biasanya hanya untuk dinikmati sendiri bukan untuk dijual.

 

2.    Jeruk Tongheng

Jeruk tongheng merupakan salah satu varietas jeruk yang unik juga. Sama seperti jeruk nagami, kulit buah jeruk tongheng juga dapat dimakan secara langsung. Hanya saja rasa buah jeruk tongheng lebih manis, rasa kulit buahnya pun sama bahkan tidak memiliki rasa getir sedikitpun.

Mungkin anda belum lama mendengar buah jeruk yang satu ini, saat ini baik buah maupun bibit jeruk tongheng memang belum terlalu terkenal. Karena tidak banyak orang yang membudidayakan buahnya. Sehingga sulit untuk menemukan buah maupun bibit jeruk tongheng secara langsung.

Jeruk tongheng juga masih termasuk ke dalam golongan jeruk mandarin atau jeruk cina yang banyak, permintaan jeruk tongheng akan naik saat mendekati masa-masa imlek.

Jeruk tongheng juga diketahui memiliki mitos yang sama yaitu sebagai simbol kesuksesan dan juga kesuburan akan datangnya rejeki. Sehingga saat memasuki imlek banyak rumah yang menghidangkan buah jeruk yang satu ini.

 

Demikian ulasan kami mengenai dua jenis jeruk yang kulit buahnya dapat dimakan, jika anda penasaran dengan kedua jenis jeruk tersebut anda bisa menghubungi kami di website bibitbuahku.com.